Presiden Resmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit Pendidikan

Presiden Resmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit Pendidikan

 

Resmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit Pendidikan

RSJPDHK menjadi Salah Satu dari 6 Rumah Sakit Terpilih

 

Presiden Joko Widodo meresmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit Pendidikan Penyelenggara Utama (RSP-PU) pada 6 mei 2024 di RSAB Harapan Kita. Program ini hadir untuk menjawab permasalahan dokter spesialis. Menurut Bappenas, rasio ideal dokter spesialis adalah 0,28 per 1000 penduduk. Sementara, Indonesia saat ini masih kekurangan 29.179 dokter spesialis. Selain itu, distribusi dokter spesialis juga tidak merata. Sekitar 59% dokter spesialis terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Karena itu, Kemenkes merumuskan kebijakan rencana 15 tahun ke depan, salah satunya adalah Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit Pendidikan. Menkes menyatakan perlunya distribusi sekitar 29.000 dokter spesialis sampai ke level kabupaten/kota dan ini akan secara dinamis dilakukan.


 

                    


Program Pendidikan ini mengusung 6 RS Vertikal sebagai pilot PPDS berbasis Rumah Sakit Pendidikan Penyelenggara Utama (RSP-PU) yaitu RSAB Harapan Kita, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RS Kanker dharmais, RS Pusat Otak Nasional, RS Mata Cicendo dan RS Ortopedi Dr. Soeharso Surakarta. (Humas)

FOTO: Biro Pers dan Media Informasi Sekretariat Presiden RI