Pentingnya Rehabilitasi Jantung dalam Mencegah Kekambuhan Penyakit Jantung Koroner

Pentingnya Rehabilitasi Jantung dalam Mencegah Kekambuhan Penyakit Jantung Koroner

Penulis: dr. Intan Maulinar

 

Jika Anda mengalami serangan jantung atau masalah jantung lainnya, rehabilitasi jantung adalah bagian penting dari pemulihan Anda sebelum Anda kembali lagi beraktivitas normal. Rehabilitasi jantung dapat membantu mencegah serangan jantung lainnya yang bisa lebih serius dan dapat membantu Anda membangun kebiasaan yang baik untuk kesehatan jantung.

Global Burden of Disease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019 menunjukkan bahwa penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukkan tren peningkatan penyakit jantung yaitu dari 0,5% pada tahun 2013 menjadi 1,5% pada tahun 2018. Bahkan penyakit jantung menjadi beban biaya terbesar di dunia kesehatan Indonesia. Menurut data BPJS Kesehatan, pembiayaan kesehatan terbesar pada tahun 2021 ada pada kasus penyakit jantung sebesar 7,7 triliun rupiah.

Jika Anda pernah mengalami serangan jantung, gagal jantung, penyakit jantung koroner, angioplasti, atau menjalani operasi jantung, rehabilitasi jantung adalah program tersupervisi profesional medis yang bertujuan untuk membantu memulihkan kesehatan jantung Anda. Tiga komponen penting dalam program rehabilitasi jantung adalah:

1.    Latihan Fisik

Latihan fisik akan mengaktivasi kerja sistem kardiovaskular Anda dan membuat jantung Anda memompa lebih baik. Anda akan mengetahui bagaimana cara melatih tubuh Anda sesuai kapasitas dan usia Anda demi kesehatan jantung yang lebih baik.

2.    Edukasi hidup sehat untuk kesehatan jantung

Edukasi hidup sehat merupakan komponen utama dalam rehabilitasi jantung. Hal-hal yang termasuk di dalamnya meliputi pengelolaan faktor risiko penyakit jantung yang dimiliki, minum obat sesuai anjuran dokter, berhenti merokok, dan cara memulai diet yang sehat untuk jantung.

3.    Konseling untuk kendali stress

Kesehatan jantung juga dipengaruhi oleh stress. Konseling yang terdapat dalam program rehabilitasi jantung ini membantu Anda untuk mengenali dan mengatasi stresor dalam kehidupan sehari-hari, serta memperbaiki kesehatan mental anda.

Anda tidak perlu menghadapi penyakit jantung sendirian. Rehabilitasi jantung ditangani oleh tim yang terdiri atas dokter, perawat, apoteker, juga melibatkan keluarga dan teman-teman terdekat, untuk membantu Anda menjalani gaya hidup sehat dan kebiasaan-kebiasaan baik demi kesehatan jantung.

Rehabilitasi jantung memiliki banyak manfaat kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, yaitu:

·         Memperkuat jantung dan tubuh Anda setelah serangan jantung.

·         Mengurangi gejala dari masalah di jantung, seperti nyeri dada.

·   Membangun kebiasaan yang lebih sehat seperti meningkatkan intensitas latihan fisik, berhenti merokok, dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung.

·         Mengurangi stres.

·    Meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Orang lebih cenderung merasa tertekan setelah serangan jantung. Rehabilitasi jantung dapat membantu mencegah dan mengurangi depresi.

·         Meningkatkan energi dan kekuatan untuk membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah.

·     Membuat Anda disiplin minum obat yang diresepkan untuk membantu menurunkan risiko masalah jantung di masa depan.

·       Mencegah keparahan dan kematian akibat penyakit jantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rehabilitasi jantung dapat mengurangi kemungkinan kematian dalam 5 tahun setelah serangan jantung atau operasi jantung sekitar 35%.

Sebagian besar rehabilitasi jantung umumnya dilakukan di rumah sakit atau pusat rehabilitasi, akan tetapi beberapa program ini juga dapat dilakukan di rumah. Rehabilitasi jantung dapat dimulai saat Anda masih di rumah sakit atau segera setelah Anda meninggalkan rumah sakit. Program rehabilitasi jantung biasanya berlangsung sekitar 3 bulan tetapi juga dapat berkisar antara 2 hingga 8 bulan.

Apa saja yang harus dilakukan untuk memulai rehabilitasi jantung?

·         Tanyakan dokter Anda apakah Anda layak menjalani program rehabilitasi jantung.

·         Jika Anda layak, daftarkan diri Anda untuk mengikuti program.

·    Anda akan diarahkan berkonsultasi dengan tenaga medis terkait rehabilitasi jantung, dalam hal ini keluarga     dan  teman terdekat juga dilibatkan partisipasinya.

·         Anda harus aktif dan disiplin untuk mencapai target rehabilitasi jantung.

·         Minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter.

·         Hubungi fasilitas kesehatan terdekat jika Anda mengalami gejala baru atau semakin memberat.

Nah, jika Anda memiliki penyakit jantung koroner atau memiliki faktor risiko yang berkaitan dengan penyakit jantung koroner, segera konsultasi dengan dokter spesialis jantung terdekat untuk memulai rehabilitasi jantung ya!

 

Referensi:

American Heart Association. What is Cardiac Rehabilitation? [Available at: https://www.heart.org/en/health-topics/cardiac-rehab/what-is-cardiac-rehabilitation]

Riset Kesehatan Dasar. 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. [Available at: http://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf]

Centers for Disease Control and Prevention. 2022. How Cardiac Rehabilitation Can Help Heal Your Heart. [Available at: https://www.cdc.gov/heartdisease/cardiac_rehabilitation.htm#:~:text=What%20is%20cardiac%20rehabilitation%3F,Physical%20activity.]

Sumber gambar: dokumentasi RSJPDHK