Pasca Operasi Sudah Boleh Pulang, Apa Saja yang Harus dipersiapkan?

Pasca Operasi Sudah Boleh Pulang,  Apa Saja yang Harus dipersiapkan?

 

Ns. Moh Khaerul Efendi

 

Senin, adalah hari yang cerah, dimana matahari bersinar dengan memancarkan kehangatan. Pada hari tersebut, bapak Andi selaku pasien yang telah menjalani operasi jantung, sudah bisa dinyatakan untuk rawat jalan. Kabar tersebut otomatis membuat bapak Andi dan keluarganya merasa bahagia. Setelah melewati fase-fase kritis saat perawatan  dan sekarang sudah dinyatakan bisa untuk bertemu keluarga kembali. 

Tetapi, perasaan senang tersebut bercampur dengan perasaan cemas. hal tersebut dikarenakan masih adanya luka pasca operasi yang masih belum sembuh sempurna, serta masih adanya benang – benang yang belum di lepas. Bagaimana kalau nanti di rumah mengalami infeksi? Tidak hanya hal tersebut, terkadang masih terasa batuk, dimana kalau batuk menambah sakit luka operasinya. 

Unit pre dan pasca bedah adalah salah satu unit di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang merawat pasien persiapan operasi dan pasca operasi. Setelah melewati kamar operasi, Intensive care unit (ICU) dan intermediate ward bedah (IWB), pasien akan dipersiapkan untuk pulang  dan persiapan tersebut dilakukan di unit pre dan pasca bedah.

Persiapan tersebut berupa edukasi perawatan luka di rumah khususnya pada luka operasi. Pasien dan keluarga akan diedukasi bagaimana  cara merawat luka oleh ners yang bertugas dan memberikan konsultasi hal-hal yang perlu diperhatikan dirumah pada luka agar tidak terjadi komplikasi.

Persiapan beraktifitas di rumah melalui program rehabilitasi fase 1, yaitu pada saat masih dirawat. Pasien akan diberikan contoh latihan – latihan di rumah, memperagakannya dan membantu pasien untuk melakukannya. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat masa recovery  agar lebih cepat kembali beraktifitas. Selanjutnya adalah persiapan rehabilitasi fase 2 yang akan dilakukan saat rawat jalan. Persiapan lainnya berupa cara batuk yang efektif untuk mengurangi nyeri luka pada saat batuk, dan  asupan nutrisi saat dirumah.

Dan unit pre dan pasca bedah tetap melakukan inovasi – inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Mengikuti pergerakan teknologi informasi untuk memudahkan pasien dan keluarga untuk mendapatkan akses informasi kebutuhan edukasi. Cukup dengan scan barcode, pasien bisa mengakses kebutuhan informasi terkait perawatan luka operasi, aktivitas atau Latihan mobilisasi di rumah, dan cara batuk efektif. Barcode akan dilampirkan ketika pasien akan rawat jalan. Dan seiring bertambahnya waktu, akan semakin banyak informasi yang yang ditambahkan menyesuaikan kebutuhan pasien.

 

Salam sehat!

 

Sumber gambar: dokumentari RSJPDHK