Pengantar

Pelayanan Paliatif adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien dengan penyakit yang secara medis tidak dapat disembuhkan dan dalam kondisi terminal. Dalam perkembangannya, pelayanan holistik ini berevolusi juga menjadi dukungan pelayanan pada berbagai kondisi penyakit kronis progresif maupun degeneratif termasuk beberapa penyakit kardiovaskular didalamnya. Gagal jantung kronis tahap lanjut (advanced heart failure) dan penyakit jantung koroner dengan nyeri dada menetap yang tidak dapat dilakukan tindakan definitif serta sindroma eisen menger merupakan beberapa contoh kondisi kardiovaskular yang relevan bagi integrasi pelayanan paliatif.

Pelayanan Paliatif Kardiovaskular dapat diberikan pada pasien dengan penyakit kardiovaskular kronis progresif pada semua tahapan penyakit, mulai saat didiagnosis hingga akhir hayat. Pelayanan Paliatif Kardiovaskular diberikan dan diintegrasikan bersamaan dengan pengobatan/tatalaksana medis definitif melalui dukungan dan intervensi terhadap aspek fisik, psikologis, sosial, dan spiritual yang bertujuan untuk meminimalkan keluhan dan mengoptimalkan kualitas hidup (quality of life) pasien dan keluarga.

Pelayanan Paliatif Kardiovaskular juga dapat diberikan pada semua rentang usia, mulai dari anak-anak hingga usia lanjut. Perbedaannya terletak pada proses pengambilan keputusan, pada anak-anak umumnya dibuat oleh orang tua sedangkan pada pasien dewasa keputusan dapat diambil oleh pasien sendiri. Pada tahap awal perjalanan penyakit, Pelayanan Paliatif Kardiovaskular diberikan dengan tujuan untuk meringankan keluhan fisik, memberikan dukungan psikososial dan spiritual, serta memberikan pemahaman yang menyeluruh terkait diagnosis penyakit, perjalanan penyakit, dan prognosis penyakit sehingga pasien dan keluarga benar-benar mengerti tentang penyakitnya.

Pada tahap lanjut dari perjalanan penyakit, Tim Paliatif Kardiovaskular akan membantu pasien dan keluarga dalam mengambil keputusan pada tahap lanjut perjalanan penyakitnya melalui upaya pengambilan keputusan bersama (shared decision-making) dengan tim medis yang merawat pasien serta membantu dalam menentukan target/tujuan perawatan (goals of care) yang diinginkan oleh pasien sehingga kualitas hidup pasien dan keluarga diupayakan tidak terlalu terdampak pada tahap terminal ini. Komunikasi yang baik tim paliatif kardiovaskular, dokter yang merawat, dan pasien berserta keluarga dapat membantu menentukan rencana perawatan yang sesuai dengan nilai, tradisi dan budaya pasien sehingga hal ini akan berdampak pada kepuasaan pasien dan keluarga.

Pelayanan Paliatif Kardiovaskular merupakan pelayanan terpadu yang diberikan oleh tim multidisiplin dari berbagai Profesional Pemberi Asuhan (PPA) yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, terapis, psikolog, ahli gizi dan nutrisi, apoteker, serta rohaniawan secara terintegrasi yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga, bukan hanya memandang prognosis penyakit semata sehingga akan lebih baik bila pasien mendapatkan pelayanan dari tim paliatif kardiovaskular sejak awal perjalanan penyakit agar dapat diidentifikasi sedini mungkin dan dilakukan intervensi dan supervisi terhadap penderitaan akibat nyeri dan keluhan fisik lain serta dapat diberikan dukungan psikososial dan spiritual bagi pasien beserta keluarga.

Profil

Pelayanan Paliatif Kardiovaskular tergabung dibawah Instalasi Prevensi, Rehabilitasi dan Paliatif RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK). Pelayanan ini merupakan salah satu layanan unggulan RSJPDHK. RSJPDHK merupakan pelopor pemberi Pelayanan Paliatif Kardiovaskular di Indonesia dan berupaya menjadi pusat pendidikan bagi dokter spesialis jantung, perawat, dan tenaga kesehatan lain yang ingin mendalami Prevensi, Rehabilitasi dan Paliatif Kardiovaskular.

Produk Layanan Unggulan

  1. Pelayanan Paliatif Rawat Inap
  2. Pelayanan Paliatif Rawat Jalan (Poliklinik Paliatif Kardiovaskular)
  3. Konsultasi dukungan Paliatif
  4. Family Meeting
  5. Kunjungan Rumah
  6. Pendampingan / dukungan masa duka cita (bereavement) bagi keluarga
  7. ECP (External Counterpulsation)
  8. Dukungan dan Supervisi Latihan Fisik pada Pasien Gagal Jantung Tahap Lanjut dengan Gymnasium yang mendukung
  9. Home-Based Cardiac Rehabilitation

Tim Layanan Unggulan

  1. Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
  2. Dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi
  3. Dokter spesialis Penyakit Dalam
  4. Dokter spesialis Neurologi
  5. Dokter spesialis Paru
  6. Dokter spesialis Gizi Klinik
  7. Dokter umum
  8. Perawat
  9. Terapis (Fisioterapis dan Okupasi Terapis)
  10. Psikolog
  11. Ahli Gizi dan Nutrisi (Registered Dietitian)
  12. Apoteker
  13. Rohaniawan

Fasilitas Layanan Unggulan

  1. pertemuan
  2. Gymnasium
  3. Ruang Alat ECP terbaru

Penelitian & Publikasi

Instalasi Prevensi, Rehabilitasi dan Paliatif RSJPDHK berupaya berkontribusi melakukan penelitian dan publikasi serta berinovasi menghasilkan hal baru pada bidang Pelayanan Paliatif Kardiovaskular.

Jejaring RS Mitra

Pelayanan Paliatif Kardiovaskular RSJPDHK terus membangun jejaring RS Mitra dalam upaya pengembangan pelayanan Paliatif Kardiovaskular di Indonesia.

Agenda Kegiatan Ilmiah

Instalasi Prevensi, Rehabilitasi dan Paliatif RSJPDHK menyelenggarakan workshop dan pelatihan Paliatif Kardiovaskular untuk memperkenalkan Pelayanan Paliatif Kardiovaskular serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ini.

Aksesibilitas

Instalasi Prevensi, Rehabilitasi dan Paliatif RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

(021) 568-4093 ext. 7533 atau 7534

Cara Merujuk

Unit Paliatif RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

0812-1009-33371 (WhatsApp/WA)