Operasi Perdana Di Gedung Ventrikel Berhasil Dilakukan

Operasi Perdana Di Gedung Ventrikel Berhasil Dilakukan

Ruang operasi lantai 4 Gedung Ventrikel RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) berhasil melangsungkan operasi perdananya pada selasa 4 April 2023 lalu.

Pasien pertama yang berhasil dioperasi merupakan pasien dengan diagnosa PDA, adalah pasien pediatrik dengan usia 1 tahun. Melalui tangan dingin para tenaga medis profesional, tindakan operasi yang berlangsung selama 2 jam berhasil diselesaikan tanpa kendala yang berarti. 

 

Disusul kemudian operasi pasien dewasa, dengan diagnose AV Fistula arteri brachialis, Diseksi Aorta DeBakey 3 Stanford B usia 68 tahun, juga berhasil dilakukan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. 

 

Keberhasilan ini tentu menjadi awal yang baik. Seperti yang kita ketahui, selain tenaga medis yang andal, ruang operasi yang diresmikan oleh Direktur Utama RSJPDHK Dr. dr. Iwan Dakota, SpJP(K), tepat satu hari sebelum tindakan pertama dilakukan tersebut, memiliki teknologi termutakhir. Bahkan satu dari 12 kamar operasi yang akan digunakan, memiliki jenis hybrid. Hal ini memungkinkan untuk melakukan tindakan diagnostik dengan tindakan operasi pada saat bersamaan, sehingga dua jenis penanganan dapat dilakukan dalam satu waktu. 

Dengan prediksi penyusutan waktu tunggu antrian operasi anak sebanyak 30% dalam jangka waktu 2 tahun ke depan, keberlangsungan operasi di Gedung Ventrikel ini menjadi motivasi sekaligus tantangan bagi RSJPDHK untuk mewujudkan percepatan dan pengembangan pengobatan kardiovaskular di Indonesia. (Nurhasanah)