"Ngobrol Bareng Pelanggan" : Membuka Ruang bagi Pelanggan untuk Menyampaikan Aspirasi

"Ngobrol Bareng Pelanggan" : Membuka Ruang bagi Pelanggan untuk Menyampaikan Aspirasi

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Pelanggan Nasional (4/9) tahun ini tidak diselenggarakan secara tatap muka dan dengan kemeriahan. Hal ini tentunya disebabkan oleh Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia, termasuk negara kita Indonesia. Namun, sebagai bentuk apresiasi Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) kepada pelanggan,  RSJPDHK tetap mengadakan beberapa acara, diantaranya acara "Sapa Pelanggan" yang diselenggarakan di ruang tunggu poliklinik, serta acara "Ngobrol Bareng Pelanggan" yang diselenggarakan secara daring.

Dalam acara "Sapa Pelanggan", hadir Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian, Dr. dr. Basuni Radi, Sp.JP(K) menyapa para pelanggan yang tengah menunggu giliran konsultasi.  "Mohon maaf, apabila sekarang tempat duduknya kami batasi, jumlah kuota berobat juga kami batasi, hal ini kami lakukan untuk menjaga Bapak/Ibu dari pertularan virus covid-19. Kami harap juga Bapak/Ibu tetap patuh terhadap protokol kesehatan dengan melakukan 3M yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak" imbau Dir SDM dan Diklit kepada seluruh pelanggan yang hadir.

"Untuk menghindari penumpukan, Bapak/Ibu mohon hadir sesuai dengan nomor antrian ketika mendaftar online, dengan waktu yang tertera pada lembar pendaftaran. Kami disini berupaya semaksimal mungkin tetap memberikan pelayanan terbaik meskipun di tengah Pandemi, salah satu upaya yang kami lakukan juga adalah dengan membuka pelayanan Poliklinik Online, dimana para pelanggan yang khawatir atau tidak dapat hadir secara langsung di RSJPDHK, tetap dapat melakukan konsultasi dengan dokter kami melalui video call. " tambahnya.

Tidak hanya menyapa, di akhir acara secara simbolis Dir SDM dan Diklit juga memberikan souvenir berupa masker dan hand sinitizer kepada pasien yang ada di lokasi, dan secara keseluruhan, sovenir serupa akan diberikan kepada seluruh pasien yang ada di RSJPDHK.

Masih di hari yang sama, RSJPDHK juga mengadakan acara "Ngobrol Bareng Pelanggan" secara virtual. Dalam acara tersebut, Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum, Dr. dr. Lia G. Partakusuma, SpPK(K), MM, MARS hadir menjadi nara sumber, ditemani oleh salah satu komedian ibu kota, Jhody Sumantri, yang juga merupakan pasien RSJPDHK. Selain itu bergabung juga Ibu Istiqomah, seorang Aktivis Anti Tembakau, yang mana suami beliau juga merupakan pasien RSJPDHK, serta para pelanggan yang bergabung berpartisipasi dalam acara webinar tersebut.

Beberapa pelanggan yang bergabung, menyampaikan masukan, pengalaman, serta memberikan pertanyaan kepada para narasumber, sehingga terjalin komunikasi yang interaktif. Diharapkan melalui kegiatan Hari Pelanggan ini, dapat menjadi ruang bagi pelanggan untuk dapat menyampaikan aspirasi kepada RSJPDHK.

"Kami berharap para pelangganpun tidak segan menyampaikan kritik dan saran kepada kami, bisa langsung datang ke petugas Pelayanan Pelanggan kami, melalui website dan media online lainnya, atau bisa menulis di Pohon Randu dan Papan Harapan yang kami sediakan di berbagai tempat. Jadi isinya jangan pujian-pujian terus, justru kritik dan saran itu sangat kami tunggu, untuk peningkatan pelayanan di RSJPDHK". Ucap dr. Lia diakhir sesi. (Humas)