Kesehatan Jantung Pada Perempuan, Mengenal PPCM (Peripartum Cardiomyopathy)

Kesehatan Jantung Pada Perempuan, Mengenal PPCM (Peripartum Cardiomyopathy)

 

RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita bersama Komunitas PPCM Survivor Indonesia menyelenggarakan Seminar Awam Kesehatan Jantung Pada Perempuan: Mengenal PPCM (Peripartum Cardiomyopathy), sekaligus peluncuran buku ”Satu Jantung, Sejuta Cerita Jilid 3”, di Auditorium RSJPDHK, Jakarta, Senin (15/01).

Acara ini dimotori oleh kelompok Staf Medis Fungsional Kardiologi Klinik RSJPDHK, yang menangani kasus-kasus PPCM dan gagal jantung lainnya melalui pelayanan terintegrasi di Klinik Gagal Jantung. Bekerja sama dengan Komunitas PPCM Suvivor Indonesia, seminar yang diselenggarakan secara hybrid—offline di RSJPDHK dan online melalui zoom—ini bertujuan agar masyarakat, terutama perempuan, lebih menyadari potensi bahaya dari PPCM. Bagi pasien yang telah terdiagnosa diharapkan mendapatkan informasi yang lebih komprehensif mengenai masalah yang mereka hadapi.

Peripartum Cardiomyopathy merupakan kelainan otot jantung yang terjadi pada akhir kehamilan hingga pada beberapa bulan pertama setelah persalinan, aborsi atau keguguran, serta tidak ditemukannya penyebab lain untuk gagal jantung. Gejala yang ditunjukkan dalam PPCM pada umumnya khas gagal jantung, seperti sesak, mudah lelah, berdebar, dan kaki bengkak. Dikarenakan belum ada penyebab pasti dari kelainan tersebut, sangat penting bagi seorang ibu yang akan mengandung dapat merencanakan kehamilannya, salah satunya dengan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan jantung.

Seminar ini dimoderatori oleh dr. Mutiara Insan Sangaji, sebagai perwakilan dari Komunitas PPCM Survivor Indonesia, dan menghadirkan narasumber Ketua Staf Medik Kardiologi Klinik RSJPDHK, dr. Rarsari Soerarso, Sp.JP(K), dokter spesialis obstetri dan ginekologi RS Anak dan Bunda Harapan Kita, dr. Rachmat Dediat Kapnosa H, Sp.OG, dan Psikolog, Jeanita Deli Widjaja, S.Psi., M.Psi. Selain membahas dari kacamata medis, seminar ini juga membahas aspek kesehatan mental agar para ibu yang telah terdiagnosa dengan PPCM dapat menghadapai masalah tersebut dengan lebih bijak.

Dalam kesempatan ini, Komunitas PPCM Survivor Indonesia sekaligus meluncurkan buku “Satu Jantung, Sejuta Cerita Jilid 3”, yang berisi mengenai informasi seputar PPCM. Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan bagi ibu dan perempuan, baik yang akan merencanakan kehamilan, maupun yang telah terdiagnosa dengan PPCM.

Komunitas PPCM Survivor Indonesia merupakan wadah bagi para ibu yang sedang menjalani proses pengobatan maupun yang sudah dinyatakan sembuh dari PPCM untuk berbagi informasi serta untuk saling menguatkan agar dapat melewati tantangan yang sedang mereka hadapi dengan baik.

Sumber Gambar:

Tim Humas RSJPDHK