Hibah Triliunan Rupiah dari Tokushukai Medical Corporation untuk RSJPD Harapan Kita

Hibah Triliunan Rupiah dari Tokushukai Medical Corporation untuk RSJPD Harapan Kita

 

Jakarta, 25 Juni 2024 - Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPD Harapan Kita) dan Tokushukai Medical Corporation dengan bangga mengumumkan  penandatanganan perjanjian formal mengenai hibah untuk pembangunan Gedung  HARAPAN KITA-TOKUSHUKAI. Acara penandatanganan ini diadakan di ruang Nusa  Tenggara RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang disaksikan oleh Direktur  Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, para pejabat tinggi dari kedua  institusi serta berbagai tamu undangan. Perjanjian ini menandai langkah penting dalam kerja sama antara RS Jantung dan  Pembuluh Darah Harapan Kita dan Tokushukai Medical Corporation. Hibah yang akan  diberikan oleh Tokushukai Medical Corporation senilai 10 Milyar Yen (1 Triliun rupiah) berupa gedung 22 lantai terdiri dari 20 lantai untuk layanan kesehatan, lantai 21 untuk  ruang kontrol MEP (Mekanikal Elektrikal Plumbing), lantai 22 untuk fasilitas helipad dan 3  lantai basemen yang dinamakan Gedung HARAPAN KITA- TOKUSHUKAI.

Pusat kesehatan  ini dirancang untuk menjadi fasilitas medis terdepan yang menyediakan layanan  kardiovaskular terbaik di Indonesia dan Asia Pasifik. Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dr. dr. Iwan Dakota, Sp. JP (K), MARS menyatakan, "Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tokushukai  Medical Corporation atas hibah yang sangat besar ini. Gedung HARAPAN KITATOKUSHUKAI akan menjadi tonggak penting dalam upaya kami untuk meningkatkan  layanan kesehatan jantungdan pembuluh darah di Indonesia. Kami yakin bahwa dengan  fasilitas baru ini, kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan inovatif kepada  masyarakat." CEO Tokushukai Medical Group, Shinichi Higashiue, juga menyampaikan antusiasmenya  terhadap proyek ini. "Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Kami percaya bahwa proyek ini akan membawa manfaat  besar bagi banyak orang dan kami berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan  layanan kesehatan di Indonesia." Gedung HARAPAN KITA-TOKUSHUKAI direncanakan memiliki berbagai fasilitas canggih termasuk ruang operasi, laboratorium kardiovaskular, ruang perawatan intensif, dan  ruang rawat inap yang nyaman. Proyek ini diharapkan akan selesai dalam waktu dua tahun  dan rencananya dapat langsung dioperasionalkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat  secara luas pada tahun 2027

Pada malam sebelumnya berlangsung Business Meeting yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dan pejabat tinggi dari kedua institusi. Acara ini diselenggarakan dalam suasana yang hangat dan penuh keakraban, serta menjadi ajang untuk membahas berbagai inisiatif dan kerja sama strategis di bidang pelayanan kesehatan jantung.