Antusiasme Nakes Lansia Menerima Vaksin Covid-19

Antusiasme Nakes Lansia Menerima Vaksin Covid-19

Rabu (10/2), merupakan hari ketiga pelaksanakan vaksinasi untuk tenaga kesehatan usia di atas 60 tahun di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK).

"Kegiatan ini sebagai sumbangsih Negara bagi Nakes Lansia dan sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk mencegah penularan COVID-19, tetap menjaga imunitas tubuh, terus berdoa, serta menerapkan protokol kesehatan setiap saat" demikian sambutan Dirjen Pelayanan Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT, KL (K), MARS saat menyaksikan proses vaksinasi untuk para tenaga kesehatan kategori Lansia di Auditorium RSJPDHK pada pagi ini.

Hingga pukul 10.30 WIB tercatat telah diikuti sebanyak 99 orang Lansia yang menerima vaksin jenis Sinovac, setelah melalui beberapa tahap yang harus dijalani sebelum mulai divaksin, meliputi : registrasi ulang, cek suhu dan tensi, skrining 14 pertanyaan, penyuntikan vaksin, serta observasi selama 45 menit.

RSJPDHK juga menyiapkan fasilitas Mini ICU dengan perawat dan dokter yang siap melayani apabila kejadian yang tidak diinginkan terjadi saat masa observasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).


Dengan perluasan rentang usia penerima vaksin ini, diharapakan masya-rakat Indonesia, khususnya tenaga kesehatan dapat menerima manfaat yang baik, dan secara efektif mampu menekan penyebaran Virus Covid-19. Namun demikian, penerapan protokol kesehatan tetap harus menjadi lang-kah utama dalam melindungi diri dan orang lain. (Nurhasanah)