Yang Perlu Anda Ketahui dari Rehabilitasi Jantung

Yang Perlu Anda Ketahui dari Rehabilitasi Jantung

 

Penulis: dr. Benedictus Hanjaya Suwandi

  

Rehabilitasi jantung adalah program latihan dan edukasi yang dibuat secara khusus untuk pasien secara rawat jalan. Program ini didesain untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda terutama setelah mengalami serangan jantung, maupun setelah menjalani tindakan intervensi atau operasi jantung.

Program rehabilitasi jantung melibatkan latihan olah raga, dukungan emosional, dan edukasi mengenai perubahan gaya hidup untuk menurunkan risiko penyakit jantung seperti konsumsi makanan sehat, menjaga berat badan, dan stop merokok. Tujuan utama dari program ini adalah untuk membuat suatu rancangan yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kekuatan Anda, mencegah perburukan kondisi, menurunkan risiko terjadinya masalah pada jantung di kemudian hari, dan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup Anda.

Namun demikian, tidak semua pasien dengan penyakit jantung dapat mengikuti program rehabilitasi jantung. Tim tenaga kesehatan akan mengevaluasi kondisi Anda, termasuk meninjau riwayat medis Anda, melakukan pemeriksaan fisik dan serangkaian tes untuk memastikan Anda dalam kondisi yang prima untuk mengikuti program rehabilitasi jantung. Selain itu, tim kesehatan akan bekerja bersama-sama dengan Anda untuk memntukan tujuan dari program rehabilitasi jantung dan mendesain program yang aman dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Program rehabilitasi jantung dapat dimulai sejak Anda masih dirawat di rumah sakit, walaupun biasanya akan diinisiasi saat kontrol rawat jalan. Untuk beberapa orang, mungkin program rehabilitasi jantung di rumah akan lebih nyaman, terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang.

 

Apa saja yang dilakukan selama program rehabilitasi jantung?

Evaluasi medis. Tim tenaga medis akan melakukan evaluasi awal untuk menentukan kemampuan fisik Anda, batasan-batasan medis, maupun kondisi yang Anda miliki. Evaluasi ini akan membantu tim medis untuk membuatkan program yang aman dan efektif serta sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aktivitas Fisik. Program rehabilitasi jantung membantu untuk meningkatkan kebugaran Anda melalui aktivitas fisik. Anda kemungkinan akan disarankan untuk olah raga ringan dengan risiko cedera yang rendah, misalnya berjalan, bersepeda, jogging, atau yoga. Anda biasanya akan diarahkan untuk olah raga sekurang-kurangnya 3 kali dalam seminggu.

Edukasi Gaya Hidup. Edukasi ini meliputi bagaimana cara mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti konsumsi makanan yang sehat, olah raga teratur, menjaga berat badan, dan stop merokok. Termasuk juga kiat-kiat untuk mengatasi dan mencegah kondisi seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol yang tinggi, dan obesitas melalui perubahan pola hidup.

Dukungan Emosional. Penyesuaian diri setelah mengalami penyakit yang serius bukanlah suatu hal yang mudah. Anda bisa saja merasa depresi, cemas, kehilangan semangat hidup, atau harus meninggalkan pekerjaan untuk beberapa saat. Konseling dapat membantu Anda mengetahui cara yang sehat untuk mengatasi depresi, kecemasan, dan perasaan lainnya.

Meskipun mungkin awalnya sulit untuk memulai program rehabilitasi jantung terutama ketika Anda masih belum merasa sehat betul, Anda akan merasakan manfaat dari program rehabilitasi jantung dalam jangka waktu yang lebih panjang. Program ini dapat membantu Anda untuk mengatasi ketakutan dan kekhawatiran Anda dengan membawa Anda kembali ke pola hidup yang lebih aktif dengan lebih banyak motivasi dan energi untuk menikmati hal-hal yang Anda senangi. Tentu saja keberhasilan dari program ini tergantung dari semangat dan ketekunan Anda sendiri. Tidak menutup kemungkinan, Anda bahkan menjadi lebih bugar daripada sebelum Anda mengalami penyakit jantung atau menjalani operasi jantung.

 

Referensi

Cardiac rehabilitation. National Heart, Lung, and Blood Institute. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/cardiac-rehabilitation#

What is cardiac rehabilitation? American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/cardiac-rehab/what-is-cardiac-rehabilitation

Braun LT, et al. Cardiac rehabilitation programs. https://www.uptodate.com/contents/search

Wenger NK, et al. Cardiac rehabilitation: Indications, efficacy, and safety in patients with coronary heart disease. https://www.uptodate.com/contents/search

Bellman B, et al. The beneficial effects of cardiac rehabilitation. Cardiology and Therapy. 2020; doi:10.1007/s40119-020-00164-9.