Tambah Langkahmu untuk Perpanjang Usiamu

Tambah Langkahmu untuk Perpanjang Usiamu

Penulis: dr. Choiron Abdillah 

 

Berjalan merupakan aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dari setiap insan kehidupan. Misalnya saja seseorang yang tidak mengalami gangguan berjalan di dalam rumah ketika ingin makan atau ingin ke kamar mandi pasti melakukan aktivitas berjalan. Pernahkah anda menghitung jumlah langkah anda setiap harinya? Cukupkah langkah yang anda tempuh untuk menjaga kesehatan anda? Apakah anda mengetahui bila menambah jumlah langkah anda berarti anda memperpanjang usia hidup?

Dengan adanya pandemic Covid-19, aktivitas pergerakan manusia sangat terdampak dan cenderung menurun dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Beberapa kegiatan saat ini sudah dilaksanakan secara daring sehingga cukup duduk di depan computer atau ponsel anda sudah bisa berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai tempat. Tentunya ini berdampak pada semakin sedikitnya jumlah langkah yang anda tempuh setiap harinya. Di sisi lain dengan kemajuan teknologi yang ada anda dapat mengetahui jumlah langkah yang ditempuh hanya dengan mengakses aplikasi melalui jam tangan atau ponsel. Umumnya target yang di programkan ke dalam aplikasi tersebut adalah 10 ribu langkah per harinya. Angka tersebut didapatkan secara estimasi dengan langkah normal dapat menempuh jarak 5 mil atau sekitar 8 kilometer. Jarak tersebut dipercaya dapat menurunkan kondisi penyakit tertentu sepertu hipertensi dan penyakit jantung.

Pada sebuah studi di tahun 2011, seorang dewasa yang sehat dapat menempuh kurang lebih 4 ribu sampai 18 ribu setiap harinya. Oleh karena itu target 10 ribu langkah merupakan target yang tidak sulit untuk dicapai. Target tersebut juga yang harus dicapai bila ingin menurunkan berat badan. Namun kunci dari keberhasilannya bukanlah pada angka tersebut, karena setiap orang dengan pekerjaan dan usia yang berbeda pasti memiliki jumlah langkah yang berbeda. Namun yang menjadi poin terpenting adalah dengan menambah langkah dari rerata harian orang tersebut.

Christopher C. Moore, seorang kandidat doctor di Universitas North Carolina menjelaskan bahwa asosiasi jantung Amerika Serikat (AHA) merekomendasikan setidaknya aktivitas fisik moderat selama 150 menit setiap minggunya atau 75 menit per minggu aktivitas berat dapat meningkatkan kesehatan. Sementara itu berjalan merupakan pilihan yang mudah dan aman untuk banyak orang dewasa untuk dapat mengikuti rekomendasi ini. Dengan semakin populernya aplikasi yang dapat menghitung jumlah langkah merefleksikan bahwa aktivitas ini mudah dan dapat diukur secara objektif sehingga dapat mempromosikan gaya hidup yang lebih aktif.

Pada sebuah studi yang dipresentasikan di Epidemiology and Prevention/Lifestyle and Cardiometabolic Health Meeting menunjukkan bahwa menambah langkah setiap harinya berkaitan dengan ekpektansi kehidupan yang lebih panjang pada wanita usia lebih dari 60 tahun. Studi ini melibatkan lebih dari 16 ribu peserta dengan rerata usianya 72 tahun. Dalam pemantauan selama 6 tahun di dapatkan data bahwa dengan penambahan jumlah langkah sebanyak 1000 langkah berhubungan dengan penurunan angka kematian kurang lebih 28%.

Selain bermanfaat untuk memperpanjang usia, dengan menambah jumlah langkah akan berdampak juga terhadap ketahanan dan stamina tubuh. Salah satu cara terbaiknya adalah mengatur target 500-1000 langkah lebih banyak dari rerata harian. Durasi untuk mencapai target tersebut bisa disesuaikan tergantung aktivitas masing-masing, namun umumnya dapat tercapai dalam waktu satu atau dua pekan. Tujuannya agar tubuh anda mampu beradaptasi dan tidak kaget dengan perubahan yang terjadi sehingga membuat anda lebih nyaman dalam menjalankan program ini. Tingkatkan terus menerus hingga mencapai target 10 ribu langkah setiap harinya.  Namun apabila selama ini anda tergolong yang memiliki aktivitas harian rendah yaitu dengan jumlah langkah kurang dari 5000 per hari, maka penambahan jumlah langkah sebaiknya tidak lebih dari 500 langkah

Setelah menentukan target, sekarang saatnya anda mulai bergerak. Terkadang anda akan merasa bosan bila melakukan aktivitas berjalan saja tanpa melakukan kegiatan lainnya. Beberapa orang cenderung sulit untuk meluangkan waktu tertentu untuk melakukan aktivitas ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencapai target langkah anda.

Jika anda memiliki waktu, berjalanlah 30-60 menit setiap harinya. Hal ini cukup untuk mencapai target harian

Jika tidak ada waktu khusus, anda dapat membaginya menjadi tiga bagian yaitu 10-15 menit di waktu pagi, siang dan sore.

Jika anda ingin berbicara dengan seseorang di dalam kantor, berjalanlah ke orang tersebut dan jangan gunakan aplikasi / mengirim email

Sebaiknya anda mulai memilih kamar mandi yang lebih jauh dari tempat yang biasa anda gunakan

Pilih lapangan parkit yang lebih jauh sehingga anda dapat berjalan menuju tempat kerja anda

Jika anda sedang menunggu seseorang, berjalanlah dan jangan duduk saja

Gunakan tangga bila anda tidak terburu-buru. Hindari penggunaan lift jika hanya turun atau naik dua lantai.

Berpartisipasilah dengan aktivitas anak anda karena anak-anak cenderung aktif berlari. Ajarkan mereka memiliki gaya hidup yang lebih aktif dan tidak mengajarkan bermain gadget atau menonton televisi

 

Sumber : 

https://www.healthline.com/health/how-many-steps-a-day#How-many-steps-to-maintain-your-current-fitness-level?

https://www.medscape.com/viewarticle/952487