SPGDT dan Ambulans Sevice

SPGDT dan Ambulans Sevice

Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) sebagai rumah sakit rujukan nasional khusus kasus jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang optimal, termasuk di dalamnya pelayanan untuk kasus gawat darurat.

Pelayanan kasus gawat darurat tersebut dilakukan oleh tim Unit Gawat Darurat (UGD), yang mana dikhususkan untuk melayani pasien dengan masalah kegawatdaruratan kardiovaskular. Sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan, UGD RSJPDHK didukung oleh tenaga kesehatan yang handal dan profesional serta tersertifikasi di bidang kardiovaskular, yang siap melayani 24 jam per hari dan 7 hari per minggu.

Pelayanan prima ini ditunjang oleh sarana dan prasarana yang lengkap dan canggih dan dilakukan oleh tim kerja yang solid, yang terdiri dari Dokter Spesialis dan tenaga kesehatan lain yang profesional, demi mewujudkan pelayanan yang ramah, cepat, dan tepat.

            UGD RSJPDHK juga menyediakan layanan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang merupakan sebuah sistem penanggulangan pasien gawat darurat dalam bidang kardiovaskular, yang terdiri dari unsur pelayanan pra rumah sakit, pelayanan di rumah sakit dan antar rumah sakit yang dilakukan secara terintegrasi, sesuai dengan Permenkes Nomor 19 Tahun 2016, tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu.

SPGDT ini dibentuk sebagai upaya RSJPDHK untuk menekan kasus kegawatdaruratan dalam bidang kardiovaskular yang tidak tertangani secara cepat dan tepat akibat kurangnya komunikasi dan persiapan antar komponen yang terkait. Dengan adanya SPGDT ini, maka akan terbentuk jejaring terintegrasi antar rumah sakit, fasilitas kesehatan primer, dan unit kegawatdaruratan lainnya dalam hal perujukan, evakuasi dan transportasi pasien.

Dalam pelaksanaan sehari-hari, SPGDT RSJPDHK menggunakan beberapa media dan metode untuk komunikasi, yaitu melalui email, whatsapp, direct line, dan Sisrute (Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi), yang dapat diakses setiap saat. Dengan adanya komunikasi pra rumah sakit untuk pasien-pasien rujukan, diharapkan proses evakuasi pasien lebih terkoordinasi sehingga dapat membawa outcome yang lebih baik untuk pasien tersebut selama perjalanan hingga tiba di rumah sakit tujuan.

Untuk mengoptimalkan pelayanan, SPGDT RSJPDHK memiliki layanan andalan berupa Ambulans Kardiovaskular lengkap tanpa ventilator dan Ambulans Kardiovaskular lengkap dengan Ventilator, untuk evakuasi dan transportasi khusus untuk pasien kardiovaskular.

Layanan Ambulans ini merupakan layanan 24 jam per hari dan 7 hari per minggu yang diperuntukkan bagi pasien rawat inap RSJPDHK yang akan dirujuk ke rumah sakit lain dan pengantaran pasien ke Bandara atau pulang ke rumah, serta penjemputan pasien dengan kegawatdaruratan kardiovaskular dari rumah atau fasilitas publik ke UGD RSJPDHK.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perujukan pasien ke RSJPDHK, reservasi Ambulans, serta evakuasi medis dapat menghubungi kami di direct line (021) 568-2424.