Sayangi Ginjalmu, Sayangi Jantungmu

Sayangi Ginjalmu, Sayangi Jantungmu

 

Penulis: dr. Evan Hindoro 

 

Tahukah anda bahwa hubungan jantung dan ginjal anda layaknya hubungan suami dan istri? Ya, keduanya memiliki hubungan yang intim dan saling memperngaruhi satu dan lainnya. Meskipun kedua organ ini terpisah secara kompartemen di tubuh kita, namun mereka tidak terpisah secara fungsi dan kerap “berbicara” secara tidak langsung, hubungan ini disebut sebagai “organ crosstalk”.

Di era urbianisasi dan globalisasi, pergeseran gaya hidup menjadi pemicu terjadinya peningkatan insidensi penyakit jantung dan ginjal, faktanya bahwa faktor risiko mayor terjadinya penyakit jantung dan penyakit ginjal kebanyakan sama, antara lain:

  1. Faktor risiko yang tidak dapat diubah:
    1. Usia,
    2. Jenis kelamin,
    3. Riwayat keluarga penyakit jantung / ginjal pada usia muda, dan
    4. Kelainan genetika.
  2. Faktor risiko yang dapat diubah:
    1. Gaya hidup,
    2. Merokok,
    3. Diabetes melitus,
    4. Hipertensi, dan
    5. Kegemukan / obesitas

Dengan fakta tersebut, tidak jarang kita menemui penderita penyakit ginjal juga memiliki penyakit jantung, begitu pula sebaliknya. Kesadaran mengenai hubungan keduanya membuat kita semua lebih memperhatikan kesehatan jantung serta kesehatan ginjal, apabila seorang penderita penyakit ginjal kronik yang tidak dikelola secara medis dengan baik maka, risiko insidensi penyakit jantung akan meningkat dengan signifikan.

Oleh karena itu, pencengahan penyakit ginjal juga mencengah terjadinya penyakit jantung, berikut ini “8 golden rules” yang harus seseorang lakukan dalam untuk mencengah penyakit ginjal serta mencengah penyakit jantung:

1.   Selalu menjaga kebugaran tubuh dan teruslah beraktivitas fisik, dengan menjaga kebugaran jasmani dan beraktivitas fisik dengan olahraga rutin 3-5 kali dalam seminggu, selama 30-45 menit setiap sesi olahraga, dengan jenis olahraga aerobik seperti jalan kaki cepat, bersepeda, berenang dengan intensitas sedang.

2.   Mengkonsumsi makanan sehat, dengan cara membatasi konsumsi garam sebanyak 5-6 gram per hari (satu sendok teh).

3.   Cek dan kontrol gula darah, hampir 50% dari penderita diabetes tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes, maka dari itu selalu lakukan penapisan dini dengan memeriksa gula darah anda berkala.

4.   Cek dan kontrol tekanan darah, hipertensi merupakan pembunuh yang diam – diam, penderitanya rata – rata tidak memiliki gejala, selalu periksa tekanan darahmu berkala, jaga tekanan darahmu < 140 / 80 mmHg.

5.   Minum air secukupnya, konsumsi cairan secukupnya sebanyak rata – rata 8 gelas air atau sekitar 2 liter per hari cukup untuk individu sehat (pada penderita gagal jantung asupan cairan dilakukan berdasarkan anjuran dokter jantung anda)

6.   Tidak merokok, merokok telah terbukti menurunkan sirkulasi darah ke organ ginjal dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan pembuluh darah lainnya

7. Bijak dalam menggunakan obat anti nyeri, penggunaan obat anti nyeri secara jangka lama dapat merurunkan fungsi ginjal dan meningkatkan risiko penyakit jantung, oleh karenanya selalu konsultasikan kepada dokter untuk penggunaannya

8.  Periksakan fungsi ginjal anda, lakukan pemeriksaan fungsi ginjal ke dokter anda apabila anda memiliki salah satu faktor risiko yang telah disebutkan di atas

 

Referensi:

1.    8 Golden Rules of World Kidney Day 2022 Campaign [Internet]. World Kidney Day; 2022 [Updated 2022; cited 2022]. Available from:  https://www.worldkidneyday.org/facts/take-care-of-your-kidneys/8-golden-rules/