Perawatan Profesional Intensive Cardiovascular Care Unit

Perawatan Profesional Intensive Cardiovascular Care Unit

Instalasi Perawatan Intensif dan kegawatdaruratan membawahi tiga unit yaitu Intensive cardiovascular care unit (ICVCU), Unit Gawat darurat, SPGDT & Ambulan dan Intermediate Medikal & Isolasi. Ketiga unit tersebut merupakan unit intensif, khusus mengelola pasien dalam kondisi berat atau kritis yang mengancam jiwa, yang membutuhkan tenaga terlatih dengan didukung oleh peralatan khusus.

 

Di ICVCU pemantauan dilakukan secara ketat dan berkelanjutan menggunakan monitoring secara invasif dan noninvasif, tanda-tanda vital, saturasi oksigen. Tanda-tanda vital pasien ditransmisikan ke sentral monitor di nurse station yang dimonitor sepanjang waktu oleh perawat yang berkualifikasi. Bilamana terdapat masalah dari pemantauan ini maka akan segera dilakukan penatalaksanaan segera mungkin secara cepat dan akurat. Perawatan dilakukan secara menyeluruh dalam artian semua kebutuhan dasar pasien diatur dan dibantu sedemikian rupa untuk mendukung penyembuhan.

 

Dalam memberikan pelayanan pada pasien kritis, peran perawat cukup besar untuk mengelola pasien dan bersinergi dengan profesi lain untuk menghasilkan pelayanan yang berkualitas dengan tingkat kepedulian dalam merawat pasien dengan komunikasi yang efektif. Untuk memberikan pelayanan yang bermutu pada pasien rawat intensif, dibutuhkan kerjasama antara profesi dokter, perawat, apoteker, radiografer, analis kesehatan, ahli gizi, fisioterapis dan staf pendukung medis di rumah sakit.

 

Untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di ICVCU kami melakukan ronde keperawatan satu minggu sekali, juga melakukan pembelajaran yang dilakukan staf keperawatan berupa Asuhan Keperawatan, Jurnal keperawatan dan Pendidikan Kesehatan.

 

Selain itu Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) memiliki fasilitas perawatan intensif yang dikhususkan bagi pasien yang memerlukan perawatan dan observasi in-tensif dan komprehensif. Tim ICVCU kami sepenuhnya memenuhi syarat dan berpengalaman dalam pemantauan yang tersertifikasi dalam memberikan perawatan pasien dalam kondisi kritis.

 

Juga kami memiliki fasilitas yang memanfaatkan teknologi terkini untuk memastikan keselamatan pasien. Ruangan perawatan di ICVCU berbentuk kubikel di mana satu pasien berada di dalam satu kamar dan sudah dilengkapi peralatan medis yang siap digunakan. Selain itu tersedia pendan yang terpasang di langit-langit kamar, tidak lagi ditempelkan di dinding. tempat tidur di ICVCU merupakan tempat tidur elektrik. Hal ini memungkinkan tempat tidur untuk diputar dan diposisikan secara bebas ke lingkungan yang paling optimal. Selain itu ICVCU juga diposisikan dekat dengan ruang kateterisasi dan ruang operasi, jika ada kegawatan pasien dapat dilakukan tindakan dalam waktu sesingkat mungkin.

 

Peralatan yang ada saat ini di kami adalah sebagai berikut:

 

1. Bedside monitor

 

Terhubung dengan sentral monitor Bedside Monitor adalah suatu alat yang digunakan untuk memantau vital sign pasien yang berupa detak jantung, nadi, tekanan darah, temperatur, saturasi dalam bentuk gelombang secara terus menerus.

 

2.High Flow Nasal Canule (HFNC)

 

Saat pandemik alat ini sangat berguna untuk pasien COVID-19 untuk tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri. Alat ini mencegah pasien tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diintubasi mengguna-kan ventilator invasif.

 

3.Alat bantu nafas/Ventilator

 

Ventilator adalah mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan. Ventilator sering kali dibutuhkan oleh pasien yang tidak dapat bernapas sendiri, baik karena suatu penyakit atau karena cedera yang parah. Tujuan penggunaan alat ini adalah agar pasien mendapat asupan oksigen yang cukup.

 

4. LIDCO

 

Suatu alat untuk memonitoring kardiak output secara invasif dan non in-vasif

 

5. Extracorporeal Membrane Oxygenator (ECMO)

 

Suatu alat yang bisa memfasilitasi sementara fungsi paru-paru dan jantung

 

6. Intra Aortic Baloon Pump (IABP)

 

Intra aortic Ballon Pump adalah alat bantu jantung mekanikal yang berguna untuk membantu mengatasi masalah sirkulasi pasien. IABP membantu pasien dengan menurunkan tahanan pada saat ejeksi ventrikel kiri dan meningkatkan sirkulasi koroner dan sirkulasi sistemik.

 

7.Continous Renal Replacement Therapy (CRRT)

 

Merupakan salah satu terapi untuk menggantikan fungsi ginjal. Ginjal berperan dalam mengeluarkan zat-zat, cairan atau sisa metabolisme tubuh. Pada kondisi gagal ginjal dimana ginjal tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, maka dibutuhkan terapi penggantian ginjal atau yang disebut dengan Renal Replacement Therapy (RRT). Fitur utama dari ICVCU adalah ketersediaan monitoring hemodinamik atau pemantauan irama jantung secara terus menerus dengan elektrokardiografi. Hal ini memungkinkan intervensi dini dengan pengobatan, yang cepat dan tepat yang akan meningkatkan prognosis dan kesembuhan pasien.