PERAN ASAM FOLAT, DAN VITAMIN C SEBAGAI PENUNJANG DAYA TAHAN TUBUH DI MASA PANDEMI

PERAN ASAM FOLAT,  DAN VITAMIN C  SEBAGAI PENUNJANG DAYA TAHAN TUBUH   DI MASA PANDEMI

OLEH : LESTIA DWI NURYATI, S.Gz

Menjaga imunitas tubuh adalah salah satu kunci agar kita tidak tertular virus corona yang mewabah di negara kita ini. Kita semua tahu dalam situasi pandemi yang melanda dinegara kita bahkan diseluruh dunia memaksa seluruh masyarakat diseluruh dunia agar selalu menjaga imunitas tubuh. Karena kesehatan tubuh  merupakan salah satu pertahanan terakhir selain anjuran untuk selalu cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak antar sesama.

Salah satu yang harus kita ketahui pada saat pandemi saat ini adalah bila tubuh kita rentan maka kita akan mudah sakit. Maka kita memerlukan daya tahan tubuh yang kuat, Salah satunya adalah dengan mengkonnsumsi vitamin. Tapi sayangnya tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin itu sendiri .  Oleh karena itu tubuh kita memerlukan asupan vitamin dari sumber lain. Tapi sudah tahukan  kamu vitamin apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar tetap sehat ?

Diantara  banyak jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh  untuk menjaga maupun menaikkan sistem imunitas tubuh, vitamin eesensial itulah yang terpenting. Ada 4 vitamin yang meningkatkan imunitas tubuh antara lain : vitamin B6, vitamin C, vitamin D dan vitamin E.

Selain itu juga vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat dinamakan vitamin B9 Mengapa ?. Karena  Senyawa asam folat diperlukan oleh tubuh  karena memberikan manfaat mulai dari pembentukan sel sel darah merah. Asam folat juga memberikan manfaat untuk membantu proses terbentukya sel sel somatis tubuh. Asam folat dan vitamin C. sangat membantu terbentuknya  sel sel darah merah, penyususunan DNA, melindungi terbentuknya sel sel otak, membenatu proses differensial menjadi organ serta jaringan tubuh lainnya. (1 ) Kegunaan asam folat juga memiliki manfaat antara lain mencegah katarak, mencegah kanker usus, kanker serviks, stroke dan serangan jantung.  

Tahukah kamu bagaimanan cara untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Kandungan asam folat dalam sayur – sayuran dan buah – buahan antara lain : Kacang polong, kedelai dan dan kacang merah mengandung 131 mc asam folat dalam 133 gram, asparagus 134 mcg asam folat dalam 99 gram, bayam 58,2 mcg dalam 30 gram, kubis 47 mcg dalam 78 gram, broklolli 84 mcg dalam 78 gram Selain itu ada juga dalam buah – buahan seperti  bit dengan kandungan 148 mcg dalam 136 mcg ,jeruk  55 cg dalam 1 jeruk, pepaya 53 mcg dalam 140 gram dan pisang 23,6 mcg dalam serta alpukat 82 mcg. Serta bahan makanan hewani seperti :  telur ayam dengan kandungan 22 mcg dalam 1 butir dan hati sapi 212 mcg dalam 85 gram. (2 )

Kedua adalah bahan makanan yang mengandung vitamin C. Mengkonsumsi vitamin juga bisa menjadi cara untuk menjaga daya tahan tubuh tetap menjadi  prima. Vitamin C termasuk antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung dan penuaan dini. Vitamin banyak terdapat pada buah – buahan dan sayur sayuran antara lain : jambu biji mengandung 126 gr dalam 1 buah jambu biji, blackcurrant dalam 56 gram, kiwi 71 gram, lemon 83 gram, leci 7 mg, kesemek 16,5 mg, pepaya 87 mg, strawberry, jeruk 70 mg, dan sayuran seperi cabai merah 65 gram, cabai hijau 109 mg serta paprika 137 gram. ( 3 )

Peran asam folat dan vitamin c dalam menjaga daya tahan tubuh adalah asam folat dan vitamin c sama sama berperan dalam metabolisme pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Sehingga akan membuat membuat daya tahan kita . Dan pada akhirnya mampu menahan virus yang menyerang tubuh kita, semoga artikel ini bermanfaat karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

REFERENSI

1.       Direktorat obat dan informasi kesehatan ) folic Acid, September 23, 2020

2.       Kompas.com 14 makanan yang mengandung asam folat tinggi, minggu 11 juni 2021

3.       Kompas.com 14 makanan yang mengandung vitamin C tinggi 14 juni 2020