Pentingnya Menimbang Berat Badan Pada Penderita Gagal Jantung

Pentingnya Menimbang Berat Badan Pada Penderita Gagal Jantung

Penulis: Osty Histry Kapahang, S.Kep., Ners

 

Pasien gagal jantung sangat rentan mengalami rehospitalisasi. Sekitar >90% pasien gagal jantung yang dirawat di rumah sakit mengalami akumulasi cairan dan disertai berbagai keluhan lainnya. Apakah Anda pernah bertanya kepada perawat atau dokter ketika dirawat, kenapa selalu ditimbang berat badan (BB)? Kenapa penderita gagal jantung perlu untuk menimbang BBnya? Seberapa penting menimbang BB dalam manajemen gagal jantung?

Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana jantung tidak bekerja sebagaimana mestinya. sehingga menyebabkan penumpukan dan retensi cairan pada beberapa bagian tubuh misalnya pergerlangan tangan, kaki, perut dan bahkan paru-paru yang menyebabkan penderita mengalami batuk dan sesak napas. Adapun gejala lain yang muncul akibat kondisi tersebut misalnya kelelahan, detak jantung menjadi cepat, batuk, perut begah, kembung dan penurunan nafsu makan. Itulah sebabnya penderita gagal jantung akan sering mengalami peningkatan berat badan yang tiba-tiba.

Berat badan merupakan salah satu cara untuk mengetahui jika kondisi gagal jantung mengalami perburukan karena penumpukan/tertahannya cairan dalam tubuh. Peningkatan BB >2 Kg dalam tiga hari perlu untuk diwaspadai. Hal tersebut sangat rentan terjadi pada penderita gagal jantung yang kurang perhatian terhadap manajemen cairan dan pola makan yang tidak tepat. BB yang meningkat akibat cairan bila dibandingkan dengan peningkatan BB yang disebabkan oleh penambahan lemak akan jauh berbeda karena apabila disebabkan oleh penambahan lemak, maka akan membutuhkan waktu lebih lama.

Menimbang BB setiap hari merupakan cara paling sederhana dan sangat efektif dalam perawatan gagal jantung. Dapat dilakukan di rumah sakit saat dirawat maupun ketika pulang ke rumah. Dengan melihat pola BB yang diukur, akan membantu dalam menentukan kapan harus menghubungi tenaga kesehatan serta pengaturan pola makan dan manajemen cairan terhadap perubahan BB yang signifikan. Semakin cepat untuk diidentifikasi, semakin baik penanganan yang dapat dilakukan.

Sebelum mengetahui adanya peningkatan BB, tentunya harus diketahui terlebih dahulu BB awal atau BB kering dan jumlah cairan yang dapat dikonsumsi penderita gagal jantung tersebut. Setelah pulang rawat atau saat control ke poliklinik, biasanya dokter dan perawat akan menginformasikan total cairan harian yang bisa dikonsumsi oleh klien, ikuti petunjuk jumlah cairan dan BB terakhir itu sebagai data dasar atau acuan yang selanjutnya akan dimonitoring ketika sudah pulang kerumah.

 

Ada beberapa tips dalam menimbang BB yang akurat, diantaranya adalah:

Menggunakan timbangan yang sama setiap harinya

Menimbang BB setelah buang air kecil (BAK) dan sebelum makan

Timbang BB setiap pagi

Menggunakan jenis pakaian yang sama saat menimbang BB

Mencatat hasil pengukuran pada catatan khusus atau logbook monitoring BB, agar memudahkan untuk dievaluasi.

Gagal jantung bukan berarti jantung berhenti bekerja. Dengan menangani penyebab gagal jantung, mencegah gagal jantung agar tidak berkembang lebih parah, membantu mengenali dan menangani gejala sehingga kualitas hidup dapat meningkat merupakan upaya yang selalu diusahakan oleh tenaga kesehatan. Namun peran tersebut tidak dapat berjalan dengan baik bila tidak ada kerjasama dari penderita gagal jantung itu sendiri misalnya dalam menimbang BB dan manajemen cairan.

Hidup belum berakhir! Untuk itu, monitor gejala gagal jantung adalah salah satu kunci dalam membantu Anda hidup berdampingan dengan perubahan kondisi akibat dari penyakit gagal jantung.

 

Referensi:

American Association of Heart Failure Nurses, Daily Weights. Diperoleh dari: https://www.aahfn.org/mpage/dailyweights

American Heart Association. Managing Heart Failure Symptoms. Diperoleh dari: https://www.heart.org/en/health-topics/heart-failure/warning-signs-of-heart-failure/managing-heart-failure-symptoms

Arrigo et al., (2020). Acute heart failure. NATURE REVIEWS, DISEASE PRIMERS (2020) 6:16. Diperoleh dari: https://www.proquest.com/docview/2371802952/9B9A58CBDD754423PQ/37?accountid=17242

 Sumber gambar: Lifepack.ic