Peningkatan Risiko Penyakit Kardiovaskular Pada Penderita Asma

Peningkatan Risiko Penyakit Kardiovaskular Pada Penderita Asma

 

Penulis: dr. Virandra B. Kusmanto

 

Penyakit kardiovaskular dan asma adalah penyakit-penyakit non infeksius dengan beban berat yang semakin meningkat pada sistem kesehatan di seluruh dunia. Prevalensi penderita penyakit kardiovaskular mencapai 523 juta orang pada tahun 2019, dengan 17,9 juta jiwa meninggal setiap tahunnya, menjadikan penyakit kardiovaskular sebagai penyebab kematian tertinggi secara global. Asma merupakan salah satu penyakit dengan jumlah penderita yang sangat tinggi pada berbagai kelompok usia. Di seluruh dunia, sekitar 339 juta orang memiliki penyakit asma.

Penyakit kardiovaskular adalah suatu kelompok penyakit yang melibatkan jantung dan pembuluh darah, seperti berbagai penyakit jantung, penyakit serebrovaskular (stroke), penyakit arteri perifer, juga penyakit aorta. Sementara, asma merupakan kondisi dimana terjadi penyempitan pada jalan napas, dalam hal ini spasme pada bronkus, yang disebabkan oleh proses peradangan (inflamasi). Jika dilihat sekilas, kelihatannya penyakit kardiovaskular dan asma sepertinya mempengaruhi organ yang berbeda. Namun penelitian menunjukkan bahwa keduanya dapat memiliki hubungan.

Penderita asma memiliki kemungkinan peningkatan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Studi oleh Pollevick, dkk yang dirilis pada tahun 2020 menunjukkan bahwa asma berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan kelompok yang tidak memiliki asma. Hubungan asosiasi tersebut tampak lebih kuat pada perempuan dan perokok. Perokok yang juga penderita asma memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular dan kanker paru dibandingkan penderita asma yang tidak merokok. Yoshihiko, dkk dalam penelitiannya pada tahun 2019 juga menemukan bahwa terdapat peningkatan risiko kejadian serangan jantung dan stroke iskemik yang signifikan pada pasien yang mengalami eksaserbasi (serangan akut) asma. Sebelumnya, telah terdapat berbagai studi yang menunjukkan kemungkinan hubungan antara kedua kondisi ini dengan durasi penelitian yang lebih pendek.

Asosiasi antara asma dan penyakit kardiovaskular diperkirakan berhubungan dengan proses inflamasi, yang sama-sama terjadi pada kedua kondisi tersebut. Penderita asma mengalami peradangan pada saluran napas. Penyakit kardiovaskular paling banyak disebabkan oleh proses aterosklerosis, atau penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah akibat akumulasi plak lemak dalam dinding pembuluh darah. Inflamasi memegang peran penting dalam proses pembentukan aterosklerosis. Diperkirakan terdapat jalur mekanisme inflamasi yang berkaitan antara kedua penyakit tersebut. Selain ini, peningkatan tekanan darah dan kondisi hipoksia yang berat pada serangan asma akut juga diperkirakan dapat memicu kondisi iskemia (kekurangan oksigen) di organ lain seperti stroke di otak dan sumbatan pembuluh darah koroner pada jantung. Terdapat beberapa teori lain yang dipertimbangkan dapat menjelaskan hubungan antara asma dan penyakit kardiovaskular, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanisme pasti yang terjadi.

Karena terdapat hubungan antara asma dan penyakit kardiovaskular, penderita asma sebaiknya juga berusaha mencegah dan menghindari faktor risiko lain terjadinya penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, merokok, dan kebiasaan hidup tidak aktif. Pencegahan tersebut bisa menjadi suatu upaya meminimalisasi risiko yang dimiliki tiap individu. Bagi para tenaga medis, ke depannya dibutuhkan investigasi lebih lanjut mengenai langkah-langkah strategis untuk pencegahan penyakit kardiovaskular bagi para individu penderita asma.

 

Referensi:

Pollevick, ME, Xu, KY, Mhango, G, Holguin, F. The Relationship Between Asthma and Cardiovascular Disease: An Examination of the Framingham Offspring Study. Chest Journal. 2021;159(4):1338-1345.

Raita, Y, Camargo, CA, Faridi, MK, Brown, DFM, Shimada, YJ, et al. Risk of Acute Myocardial Infarction and Ischemic Stroke in Patients with Asthma Exacerbation: A Population-Based, Self-Controlled Case Series Study. The Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice. 2020;8(1):188-194.

Wang L, Gao S, Yu M, Sheng Z, Tan W. Association of asthma with coronary heart disease: A meta-analysis of 11 trials. PLoS One. 2017;12(6):e0179335.

WHO. Cardiovascular Disease [Internet]. Available from: https://www.who.int/health-topics/cardiovascular-diseases#tab=tab_1. Accessed April 6th, 2021.

Xu M, Xu J, Yang X. Asthma and risk of cardiovascular disease or all-cause mortality: a meta-analysis. Ann Saudi Med. 2017;37(2):99-105.