Pegawai RSJPDHK Donorkan Darah bagi yang Membutuhkan

Pegawai  RSJPDHK Donorkan Darah bagi yang Membutuhkan

Dalam kemeriahan Hari Ulang Tahun, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia mengadakan donor darah bagi mereka yang membutuhkan. Donor darah ini terbuka bagi para pegawai RSJPDHK yang ingin memberikan darah mereka. Kegiatan yang dilangsungkan seharian ini ber-hasil mendapatkan 119 kantong darah.

Melalui donor darah ini diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan membantu kebutuhan suplai darah bagi yang memerlukan. Dalam lamannya, WHO menyatakan suplai darah sangat diperlukan bagi wanita hamil dan yang akan melahirkan jika alami pendarahan, anak-anak dengan anemia akut dikarenakan malaria dan kurang gizi, pasien yang mengidap gangguan darah dan sumsum tulang belakang, penyakit turunan akibat kelainan hemoglobin dan kondisi lemah imun, cedera traumatis dan pasien yang berada da-lam prosedur operasi dan medis lanjutan termasuk di dalamnya korban covid-19 jika dibutuhkan.

Di sisi lain, mendonorkan darah memberi manfaat dalam menjaga kesehatan seperti menurunkan risikp hemokromatosis atau penyakit kelebihan kadar zat besi, memperkecil risiko terjadi kanker karena menurunkan zat besi dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung dan hati, menurunkan berat badan untuk mereka yang secara reguler melakukan donor darah, merangsang produksi sel-sel darah sehingga sebaliknya membantu untuk menjaga kesehatan yang baik.(*Mariana)