Paparkan Kekuatan RSJPDHK : Wamenkes Harapkan Menjadi Center of Excellence di Asia

Paparkan Kekuatan RSJPDHK : Wamenkes Harapkan Menjadi Center of Excellence di Asia

Wakil Menteri Kesehatan RI, drDante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D. menghadiri peringatan HUT ke 36 RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (9/11). Peringatan HUT yang berlangsung di Ruang Auditorium lantai 4 Gedung Utama RSJPDHK ini mengusung tema "Bangkit dan Bersyukur". Bangkit, dari kesulitan di masa Pandemi Covid-19, dan bersyukur bahwa kita semua telah melewatinya.

Acara yang dikemas sederhana namun tetap penuh khidmat ini, dihadiri tidak hanya oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, tetapi juga Dr. apt. Wirabrata, S.Si, M.Kes, MM, MH, Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisonal Kemkes RI, para Dewan Pengawas, jajaran Forum Komunikasi Daerah, Para Ketua Organisasi Profesi, para Direktur RS Vertikal UPT Kemenkes, para Mitra, serta para Mantan Direksi dan dokter senior RSJPDHK.

Dalam kesempatan ini Dr. dr. Iwan Dakota, SpJP(K) Direktur Utama RSJPDHK menyampaikan sambutan sekaligus presentasi yang berisi capaian-capaian yang telah diraih selama 36 tahun ini, serta memaparkan perkembangan pembangunan gedung Private Pediatric Cardiology Wing yang sedang dibangun. Tak lupa Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan dan kehadiran para tamu undangan di acara HUT ke 36 RSJPDHK.

Selanjutnya, Wamenkes Dante Saksono diberikan kesempatan yang sama untuk menyampaikan sambutan, secara padat dan jelas Beliau menyampaikan "Tiga kekuatan yang dimiliki RSJPDHK : pertama, klinis medis; semua Dokter jantung di Indonesia yang terbaik, ada di sini. Semua sumber ilmu, sistem pendidikan, semua transfer knowladge ada di sini. Kedua, sistem organisasi yang tertatakelola dengan rapi, tidak hanya menjadikan RSJPDHK sebagai salah satu center pendidikan di bidang jantung, tetapi sebagai organisasi internasional yang ikut berkontribusi pada penekanan angka kematian jantung dengan cara mendidik dan mentransformasikan ilmu dengan sistem pengampuan kardiovaskular di seluruh Indonesia. Ketiga, budaya riset dan inovasi. Bahkan di masapandemi seperti sekarang ini pun, RSJPDHK mampu menghasilkan 50-an publikasi internasional, tentu ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa", ungkapnya penuh semangat.

Tiga elemen transformasi yang dicapai oleh RSJPDHK selama 36 tahun diharapkan tidak berhenti sampai di sini. Salah satu penyemangat dan yang akan menjadikan perubahan adalah dengan dibangunnya gedung Private Pediatric Cardiology Wing. Gedung baru ini diharapkan menumbuhkan spirit bagi arah transformasi yang lebih baik.

"Dengan tema HUT Bangkit dan Bersyukur, RSJPDHK diharapkan bangkit dengan spirit baru menjadi center of excellence tidak hanya di Indonesia, karena di Indonesia sudah pasti menjadi center of excellence, tetapi di Asia Tenggara, bahkan Asia. Dan bersyukur, karena kita telah melakukan transformasi secara benar, dan kita telah melakukan kerja keras secara utuh. Saya  bangga, karena transformasi tiap generasi terlihat jelas. Lulusan Kardilogis-kardiologis baru yang lahir dari RSJPDHK memberikan kontribusi yang tidak kalah dari seniornya, terutama dalam hal teknologi dan pendekatan penuh. Kita akan bangga jika pasien yang berobat ke luar negeri bisa ditekan, dan berobat ke RSJPDHK", lanjutnya. (Nurhasanah)