Olahraga Aerobik pada Pasien Gagal Jantung, Apakah Aman?

Olahraga Aerobik pada Pasien Gagal Jantung, Apakah Aman?

Penulis : dr. Rido Maulana

Aktivitas fisik merupakan hal yang penting untuk semua orang tidak terkecuali pada orang yang menderita gagal jantung. Menurut studi yang dipublikasi oleh European Society of Cardiology (ESC) pada tahun 2020 menunjukkan terdapat peningkatan kualitas hidup pasien gagal jantung yang melakukan aktivitas fisik khususnya aktivitas yang bersifat aerobik. Poin penting yang harus diperhatikan adalah pasien- pasien dengan gagal jantung harus dalam pengawasan yang ketat oleh dokter dalam melakukan program rehabilitasi medik jantung. Selain itu, aktivitas aerobik pada pasien gagal jantung hanya boleh dilakukan ketika  pasien dalam keadaan stabil dan patuh terhadap pengobatan yang telah diberikan.

Aktivitas yang bersifat aerobik direkomendasikan pada pasien-pasien gagal jantung yang stabil khususnya pada klasifikasi New York Heart Association  (NYHA) kelas I-III. Berbeda dengan pasien gagal jantung yang tidak stabil, mereka yang termasuk ke dalam kelompok ini  tidak direkomendasikan untuk melakukan jenis aktivitas apapun.

Sama halnya dengan orang dewasa yang sehat, orang yang mempunyai penyakit jantung harus juga melakukan kegiatan fisik intensitas sedang sekitar 150 menit per minggu. Menurut studi meta-analisis pada tahun 2020 dengan sampel pasien gagal jantung dengan ejeksi fraksi rendah (HFrEF) dan melibatkan sekitar 1503 kelompok HFrEF dan 1494  kelompok kontrol menunjukkan bahwa aktivitas aerobik menunjukkan hubungan yang signifikan dengan kapasitas fungsional seperti peak VO2, maximal workload, dan fraksi ejeksi. Dengan demikian, aktivitas aerobik pada pasien dengan gagal jantung dinilai dapat aman dilakukan selama dalam pemantauan ketat dari dokter dan kepatuhan pengobatan oleh pasien.

Referensi :

1)    Anwar Santoso, Basuni Radi, Rido Maulana, et.al. 2020. The Effects of Aerobic Exercise on N-terminal Pro-B-type Natriuretic Peptide and Cardiopulmonary Function in Patient with Heart Failure : A Meta-Analysis of Randomized Controlled Study. Heart, Lung, and Circulation. 29, 1790-1798 1443-9506/20/36

2)    Pelliccia A, Sharma S, et al. 2020 ESC Guidelines on sports cardiology and exercise in patients with cardiovascular disease. Eur Heart J 2020. doi/10.1093/eurheartj/ehaa605