Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sehat

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sehat

 

dr. Aditya Angela Adam, M.Biomed

 

Obesitas dapat meningkatkan risiko terkena beragam penyakit metabolik, seperti penyakit kardiovaskular, stroke, kanker, dan diabetes melitus. Kelebihan berat badan juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Karena itu, banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan cara yang instan. Banyak yang menggunakan cara yang salah untuk menurunkan berat badan, seperti menghindari konsumsi karbohidrat atau diet sangat rendah kalori. Alih-alih menyehatkan, malah menyebabkan beragam penyakit yang lebih banyak. Tidak jarang berat badan kembali naik setelah program berakhir.  

Menurunkan berat badan dengan benar tidak seharusnya mengganggu fungsi tubuh sehari-hari. Kita harus tetap mampu beraktivitas seperti biasa. Target penurunan berat badan yang realistis dan sudah berefek positif pada kesehatan adalah adalah 5-15% dari berat badan awal pertahun. Penurunan berat badan memerlukan motivasi yang kuat untuk merubah gaya hidup secara total, dari kurang aktif menjadi lebih banyak bergerak dan berolahraga dan konsumsi makanan sehat.

Berikut beberapa cara sehat untuk menurunkan berat badan. Yang pertama adalah menjaga pola makan. Usahakan untuk mempunyai pola makan yang teratur dengan cara makan di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membantu pancreas bekerja memproduksi insulin dengan ritme yang tepat sehingga penyerapan glukosa lebih optimal. Untuk pemilihan jenis makanan, hindari makanan yang tinggi lemak, tinggi garam, dan tinggi gula sederhana. Perbanyak makan sayur dan buah, serta konsumsi air putih lebih banyak. Kurangi minuman manis. Tentu saja perubahan tidak harus terjadi secara drastis. Kita bisa mulai dari mengurangi jumlah gula dalam minuman kita, kemudian perlahan sama sekali tidak mengkonsumsi minuman manis. Cara lainnya adalah dengan menggunakan piring makan dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini mampu membentuk persepsi kita untuk lebih mudah merasa kenyang. Dengan demikian dapat mencegah konsumsi makanan berlebihan.

Selain itu, berolahraga juga merupakan komponen penting untuk menurunkan berat badan secara sehat. Olahraga yang disarankan adalah latihan aerobic atau high intensity intensive training (HIIT). Olahraga harus dilakukan secara rutin, selama 20-30 menit sehari sebanyak 5-7 kali seminggu. Bila sebelumnya seseorang belum terbiasa berolahraga, maka olahraga harus dimulai dari tahap ringan terlebih dulu. Contohnya seperti berjalan kaki, lalu perlahan tingkatkan intensitas olahraga.

Dan yang terakhir dan tidak kalah pentingnya, minta dukungan dari keluarga dan teman sekitar, agar dapat mendukung penurunkan berat badan secara sehat. Dukungan keluarga dan orang terdekat terbukti mampu mempengaruhi motivasi seseorang untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Tanpa adanya motivasi yang kuat untuk mempertahankan gaya hidup sehat,

 

Referensi:

Severin et al. Precision medicine in weight loss and healthy living. Progress in Cardiovascular Diseases. 2019; 62:15-20.

  1. National Health System. 12 tips to help you lose weight-NHS (www.nhs.uk). https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/managing-your-weight/12-tips-to-help-you-lose-weight/. Diakses pada 3 Juni 2022 jam 07.51 WIB.
  2. Center for Disease Control and Prevention. Keeping It Off: Healthy Weight, Nutrition, and Physical Activity. https://www.cdc.gov/healthyweight/losing_weight/keepingitoff.html. Diakses pada 3 Juni 2022 jam 07.51 WIB.
  3. Zelman, KM. 2022. 10 Ways to Lose Weight Without ‘Dieting’ (webmd.com). https://www.webmd.com/diet/features/10-ways-to-lose-weight-without-dieting. Diakses pada 3 Juni 2022 jam 07.51 WIB.
  4. Sumber gambar: Sumber: thequint.com