Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

 

Oleh : Riah Dwi Melantika, S.Kep, Ners

Jantung adalah organ yang sangat penting yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.  Jantung tidak pernah berhenti bekerja sepanjang hidup kita untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi. Ukuran jantung  seperti kepalan tangan yang tertutup. Jantung berada di tengah rongga dada, sedikit ke kiri.

 

Setiap berdetak, jantung memompa darah ke seluruh tubuh termasuk ke paru. Darah yang dipompa ke paru membawa karbondioksida, suatu zat sisa metabolisme, untuk dibuang melalui pernapasan dan mengambil oksigen yang sangat dibutuhkan untuk metabolisme.

Gabungan antara jantung, darah, dan pembuluh darah disebut sebagai sistem peredaran darah. Rata-rata manusia dewasa memiliki sekitar 5 liter darah, yang secara terus menerus di pompa ke seluruh tubuh.

Mengingat pentingnya fungsi jantung bagi kelangsungan hidup kita, maka sudah seharusnyalah kita menjaga kesehatan jantung.

Adapun kiat-kiatnya untuk menjaga kesehatan jantung antara lain :

1.      Makan makanan yang sehat

Perbanyaklah makan buah dan sayuran, dengan memakan buah dan sayur setiap hari dipercaya dapat menurunkan tekanan darah yang dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit jantung koroner.

Batasi  asupan lemak jenuh, lemak trans, garam, dan gula. Pilih jenis lemak sehat yang banyak mengandung omega-3 dan omega-6 seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan. Hindari makan makanan cepat saji, jeroan, dan gorengan.

2.      Olahraga secara teratur

Rajin berolahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan melakukan olahraga sekitar 20-30 menit setiap hari, akan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pilihan olahraga ini bisa berupa jalan kaki, jogging, berenang, dan sepeda statis

3.      Tidak merokok

Orang yang merokok memiliki risiko yang  lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner. Hal ini karena zat beracun pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, sehingga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang ada di jantung dan dapat menyebabkan serangan jantung

4.      Menjaga  tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah organ-organ yang penting, seperti jantung dan otak, maka akan barakibat fatal, dapat menimbulkan cacat dan kematian.

Lakukan kontrol tekanan darah secara teratur, dan konsultasikan ke dokter jika di dapatkan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Membatasi konsumsi garam yang berlebih dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5.      Kelola stres

Stres adalah hal normal yang di alami oleh setiap orang. Ketika anda merasa mudah marah, gelisah, frustasi, dan kesepian,  bisa jadi anda sedang mengalami stres dan harus segera mengatasi masalah ini. Stres tidak dapat di hindari dan akan selalu muncul, namun sebaiknya kita tahu cara mengatasi stres agar tidak semakin parah. Mengelola stres dapat dilakukan dengan cara rekreasi, relaksasi, mendekatkan diri dengan sang pencipta, berolahraga, melakukan hobi dan lainnya.

6.      Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidur 6-8 jam perhari dapat mengurangi terjadinya penyakit jantung koroner. Ketika kita tidur, maka tekanan darah dapat menurun, begitupun sebaliknya, ketika kurang tidur, maka tekanan darah dapat naik sehingga dapat mengakibatkan hipertensi yang akan memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Demikian tips untuk menjaga kesehatan jantung agar senantiasa sehat dan memiliki hidup yang berkualitas.