Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan Kualitas Pelayanan Di Ruang Intermediate Medikal dan Isolasi

Mengutamakan Kepuasan dan Kenyamanan  Kualitas Pelayanan Di Ruang Intermediate Medikal dan Isolasi

Penulis: Osty Histry Kapahang & Tim IWM 

Perasaan aman dan nyaman adalah kunci dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dengan rasa aman dannyaman, hati dan jiwa menjadi damai sehingga akan mempercepat proses pemulihan terutama bagi para pasien di Rumah Sakit Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK). Untuk itu, dalam mencapai pelayanan terbaik dalam memberikan kenyamanan bagi setiap pasien dan keluarga di ruang Intermediate Medikal (IWM), berikut adalah beberapa hal yang menjadi layanan unggulan yang senantiasa kami upayakan:

Perawat profesional dan kompeten

Semua Perawat yang ada di IWM merupakan tenaga-tenaga kesehatan yang terlatih dan kompeten dibuktikan dengan sertifikasi perawatan HCU (High Care Unit) sertaterus di upgradeilmunya. Selainkompeten dalam bidang jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular), Perawat di IWM juga dilengkapi oleh dengan Perawat spesialis luka tersertifikasi, Perawat kritis, spesialis gerontik, spesialis pencegahan dan pengendalian infeksi serta medical bedah yang tentunya selalu bersinergi dalam memberikan pelayanan keperawatan yang holistik.

Ruang Khusus Pasien Tuberkulosis (TB)

Merupakan satu-satunya ruangan khusus isolasi bagi pasien yang di diagnosis tuberkulosis. Ruangan ini dilengkapi dengan hepafilter yang mampu mencegah penyebaran bakteri Mycobacterium Tuberculosis, yaitu bakteri penyebab penyakit TB. Fasilitas yang memadai tentunya harus ditunjang juga dengan sumberdaya yang baik pula. Untuk itu Perawat di IWM memiliki pelatihan khusus ruang isolasi TB agar mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi para pasien.

Ruang Isolasi COVID-19

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia sangat merugikan berbagai pihak. Akibat angka penularan yang sangat tinggi dan cepat, perlunya ruangan khusus pasien yang diduga maupun terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi kebutuhan setiap pemberi layanan kesehatan terutama RSJPDHK sebagai RS rujukan jantung Nasional. Dengan ketersediaan fasilitas yang lengkap, mulai dari ruang kohort, ruang pinere, alat terapi oksigen aliran tinggi (High Flow Nasal Canula/HFNC) hingga alat bantu nafas mekanik/ventilator disediakan khusus bagi para pasien.

Satu lagi layanan unggulan di ruangIsolasi RSJPDHK yaitu Extracorporeal Membrane Oxygenator (ECMO). Merupakan alat bantu sirkulasi diluar tubuh (extracorporeal)bagi pasien COVID-19 yang mengalami kegagalan fungsi sirkulasi ataupun oksigenasi selama perawatan, dimana alat ini bisa memfasilitasi sementara fungsi dari paru-paru dan jantung sampai beberapa hari selama organ tersebut mengalami pemulihan dari cideranya. Dalam pelaksanaannya akan dibantu oleh tim ECMO RSJPDHK sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang maksimal dalam penanganan dan pengendalian pasien COVID-19 di RSJPDHK.

Fasilitas Bedside Monitor

Kondisi pasien yang membutuhkan pemantauan ketat/semi intensif membuat ketersediaan bedside monitor menjadi hal yang mutlak. Bedside Monitor memberikan kemudahan bagi tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat untuk memantau tanda-tanda vital pasien, sehingga dapat memberikan penanganan yang cepat dan tepat sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku di RSJPDHK.

Keramahan dan Ketahanan

Keterampilan dalam melaksanakan setiap prosedur perawatan tentunya harus ditunjang juga dengan sikap yang dan kamampuan berkomunikasi untuk menghadapi setiap klien yang bermacam-macamlatar belakang. Mengingat klien yang dalam keadaan sakit secara fisik akan mempengaruhi psikologisnya juga, sehingga memiliki kemungkinan perubahan suasana hati yang cepat, sehingga keramahan dan ketahanan adalah kunci dalam memberikan pelayanan kesehatan yang profesional.

Kreatif dan Inovatif

Bekerja cepat dan tepat tanpa complain adalah tujuan utama dalam pemberian asuhan pelayanan kesehatan di IWM dan Isolasi. Untuk itu, dibutuhkan inovasi dan kreatifitas dalam menunjang pelayanan yang berkualitas.Perawat junior maupun senior, saling bahu-membahu memberikan kontribusinya bagi kemajuan ruangan dalam memberikan asuhan Keperawatan yang berkualitas.

Pembelajaran Berkelanjutan dan Melatih Berpikir Kritis

“Bisa karena biasa” ini merupakan hal yang sederhana namun sudah terbukti. Proses belajar mengajar selalu diterapkan di IWM sehingga ilmu yang diperoleh dapat dibagikan dan diimplementasikan dengan baik. Melalui presentasi, praktik dan diskusi kasus terkait asuhan nyata dari pasien selalu dilaksanakan, guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan analisa dalam berpikir kritis. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan setiap staff yang ada di IWM agar mampu menyelesaikan berbagai masalah dan keluhan pasien kelolaan.

                                                                     Foto diambil sebelum masa pandemi

Selalu mengutamakan pasien dan kebutuhannya adalah tujuan utama dalam setiap pemberian pelayanan kesehatan yang diberikan. Terus memperbaiki kualitas pelayanan dan mengusahakan yang terbaik bagi pasien dan keluarga dalam mencapai kesembuhan yang seutuhnya adalah target utama ruang IWM dan Isolasi dalam mencapai indikato rmutu ruangan.

Paket lengkap bukan? Mari percayakan kesehatan dan pemulihan Anda kepada kami di Ruang Intermediate Medical dan Isolasi RSJPDHK, karena kami selalu memberikan jaminan kualitas dengan mengutamakan kepuasan dan kenyamanan. Salam sehat dan tetap semangat!