Mengapa Kita Perlu Cek Kesehatan Jantung?

Mengapa Kita Perlu Cek Kesehatan Jantung?

Jantung adalah organ yang sangat penting dalam tubuh kita, karena jantung bekerja sebagai pompa untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh lainnya dan jantung adalah organ yang tidak berhenti bekerja atau nonstop.

Dalam satu hari ,jantung berdetak 100.000 kali dan mengalirkan darah sebanyak  2000 galon. Otot jantung adalah otot terkuat karena bisa berfungsi tanpa henti, bayangkan, di saat kita tertidur pulas, jantung tetap bekerja, Pun di saat kita melakukan aktivitas, jantung akan lebih keras lagi bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan oksigen dan nutrisi di dalam tubuh kita.

Sangat disayangkan apabila kita tidak menjaga kesehatan jantung kita dengan baik,organ yang telah bekerja keras untuk kita sudah selayaknya kita jaga dengan sebaik-baiknya, Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat, yaitu berolahraga, olah raga dapat dilakukan 3x dalam seminggu, misalnya jalan pagi dengan durasi 15 menit, mengurangi makanan yang berlemak, makanan cepat saji, dan makanan kaleng. perbanyak konsumsi ikan, buah-buahan dan sayuran, menjaga berat badan ideal, mengelola stress dengan baik, dan tidak merokok.

Padasebagian orang mendengar penyakit jantung adalah hal yang paling mengerikan di dunia ini, tentu saja ini menjadi momok yang menakutkan. Segala cara dan upaya pun dilakukan demi terhindar dari penyakit ini.

Ilmu pengetahuan dan teknologi  pun semakin berkembang, banyak akses untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang penyakit jantung, seperti dengan membaca artikel, googling internet, atau berkonsultasi dengan dokter ahli.

Tetapi terkadang, penyakit jantung tidak mempunyai gejala yang significant,orang yang merasa baik-baik saja, bisa terkena penyakit jantung, baik penyakit jantung koroner ataupun penyakit jantung bawaan. Tentunya ini harus dibuktikan dengan data yang relevan ,akurat, dan pemeriksaan medis.

Penyakit jantung koroner adalah kerusakan atau penyakit pada pembuluh darah utama ke jantung atau yang di sebut pembuluh darah koroner. Dimana pembuluh darah ini memberikan suplai oksigen ke jantung. Apabila terjadi kerusakan atau penumpukan plak pada pembuluh darah koroner ini akan mengakibatkan pembuluh darah menyempit sehingga akan membatasi aliran darah ke jantung.

Nah, untuk memeriksakan kesehatan jantung, tentulah bukan hal yang sulit untuk dilakukan, di RS Jantung Harapan Kita Jakarta misalnya, dapat dilakukan deteksi penyakit jantung koroner, bahkan tidak harus berbelit belit dengan urusan administrasi, pendaftaran ,waiting list, dan segala macam, bahkan pasien mendapatkan sarapan pagi di Rumah Sakit. Pasien cukup datang dalam keadaan berpuasa mulai dari jam 10 malam ( boleh minum air putih) kemudian paginya dilakukan pemeriksaan darah, EKG, rontgen dada, Treadmill Test, Echocardigrafi, setelah semua hasil selesai, dapat langsung di konsultasikan dengan dokter spesialis yang ada di Rumah Sakit Jantung Nasional Harapan Kita. Dalam waktu satu hari, semua pemeriksaan dan hasilnya sudah bisa didapatkan. Tentunya sangat efisiensi dari segi biaya dan waktu bukan ?

Pasien tidak perlu khawatir, pemeriksaan medical cek up jantung ini tidaklah menakutkan seperti yang dibayangkan, pasien akan dilayani oleh staf yang ramah dan kompeten dalam bidangnya, adapun test yang dilakukan di antaranya :

1.      EKG

EKG adalah tes sederhana untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung. Tes ini menggunakan mesin pendeteksi impuls listrik yang akan menjadi grafik pada layar pemantau. EKG ini tidak menyakitkan, karena tanpa sayatan.Pasien akan ditempelkan electrode yang berbahan plastik kecil di dada, lengan, dan kaki. Electrode disambungkan ke mesin elektro cardiograf. Tujuannya untuk merekam aktivitas listrik jantung.

 

  • 2.      Laboratorium

Yaitu pemeriksaan darah yang terdiri dari pemeriksaan darah rutin, fungsi ginjal, fungsi hati, kolesterol, dan urine.

  • 3.      Echocardiografi

Echocardiografi (USG jantung) adalah pemeriksaan dengan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menangkap gambar struktur organ jantung

  • 4.      Rontgen DadaImage result for rontgen dada

Foto yang menunjukkan jantung, paru-paru, saluran pernapasan, dan pembuluh darah.

  • 5.      Treadmill

Pemeriksaan fisik jantung yang dapat memberikan informasi tentang asupan darah dan oksigen dari sirkulasi saat tejadi stres fisik

 

6.      Konsultasi dokter ahli spesialis jantung

Untuk mendapatkan informasi yang akurat berdasarkan hasil test jantung yang telah dilakukan, dan bisa berkonsultasi dengan dokter tentang keluhan yang dirasakan.

 

Setiap kita tentu sangat menginginkan hidup yang sehat dan berkualitas, agar kita dapat menjalankan peran kita masing-masing, sehingga kita dapat melakukan banyak hal yang positif, dan bermanfaat bagi orang lain,  sehat secara fisik, maupun psikis. Salah satu penyebab penyakit jantung koroner adalah stres. Stres dalam kehidupan kita terkadang tak dapat di hindari, Stres bisa berdampak negatif jika terjadi berkepanjangan. Jadi sebaiknya kita dapat mengelola stress.

Stresbukan hanya sekadar perasaan, kondisi stres dapat menimbulkan beberapa reaksi, seperti meningkatnya tekanan darah, dan menyempitnya pembuluh darah, tubuh melepaskan hormone kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung lebih cepat, sehingga orang yang mudah stress akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Untuk menghindari stress, perbanyaklah dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta, jalani hidup apaadanya, lakukan hobi,  ceritakan permasalahan anda kepada orang terdekat yang dapat dipercaya, dan lakukan cek kesehatan jantung anda, dengan begitu , maka setidaknya akan mengurangi beban anda. Sehingga dapat mengurangi stres yang diderita dan terhindar dari penyakit jantung koroner.