Mari Kenali Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

Mari Kenali Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

 

 

Penulis: dr. Hans Nuari

 

Penyakit jantung koroner merupakan masalah jantung yang paling sering terjadi sehingga tatalaksana yang tepat sangat penting dilakukan pada pasien dengan penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh jantung atau pembuluh darah koroner mengalami penyumbatan akibat adanya plak yang terbentuk dari timbunan lemak atau senyawa lain seperti kalsium, dan fibrin sehingga dalam kondisi ini dikenal sebagai atherosclerosis.

Plak pada pembuluh darah yang menyumbat akan mengganggu aliran darah sehingga mengganggu oksigenasi ke seluruh jaringan dan dapat berakibat penderita mengalami serangan jantung. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar seseorang terhindar dari penyakit jantung koroner diantaranya ;

a.    Kebiasaan merokok

Merokok merupakan salah satu faktor yang dapat dimodifikasi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Merokok sendiri merupakan salah satu faktor yang pengaruhnya cukup besar – setidaknya ada 30 % dari orang yang mengalami serangan jantung merupakan perokok aktif. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan karbon monoksida dalam rokok membuat jantung bekerja lebih berat dari biasanya dan meningkatkan risiko terjadinya terbentuk gumpalan darah pada pembuluh darah.

b.    Kolesterol

Kolesterol yang tinggi berupa LDL atau disebut dengan kolesterol jahat berisiko menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

c.    Diabetes Mellitus

Seseorang dengan diabetes mellitus mempunyai risiko lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan dengan yang tidak mengalami diabetes untuk mengalami penyakit jantung koroner, hal ini dikarenakan pada pasien dengan diabetes memiliki lapisan pembuluh darah yang lebih tebal sehingga aliran darah terganggu.

d.    Penggumpalan Darah

Penggumalan darah atau thrombosis koroner berisko keningkan terjadinya penyakit jantung koroner yang disebabkan karena suplkai darah menuju jantung yang terhambat.

Referensi :
Unger, et al. (2020). 2020 International Society of Hypertension Global Hypertension Practice Guideline. American Heart Association, 75, pp. 1334–1357
Linton, M.R. NCBI Bookshelf (2019). The Role of Lipids and Lipoproteins in Artherosclerosis.
Yao, B. (2019). Chronic Stress: A Critical Risk Factor for Atherosclerosis. Journal of International Medical Research, 47(4), pp. 1429–1440.
Katakami, N. (2018). Mechanism of Development of Atherosclerosis and Cardiovascular Disease in Diabetes Mellitus. Journal of Atherosclerosis and Thrombosis, 25(1), pp. 27–39.
Lao, et al. (2018). Sleep Quality, Sleep Duration, and the Risk of Coronary Heart Disease: A Prospective Cohort Study With 60,586 Adults. Journal of Clinical Sleep Medicine, 14(1), pp. 109–117.

Sumber gambar: Lifepack.id