Mari Jaga Tekanan Darah Kita Dengan Menjaga Gaya Hidup

Mari Jaga Tekanan Darah Kita Dengan Menjaga Gaya Hidup

 

Penulis: dr. Arief Faisal Rachman

 

Saat ini telah banyak diketahui penyakit jantung yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Bahayanya adalah bahwa orang seringkali tidak merasakan gejala apapun meskipun telah mengalami penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Dalam kondisi sehari-hari, kita bahkan seringa abai terhadap kondisi fisiologis diri sendiri apakah yang kita konsumsi dan kegiatan yang dikerjakan sehari-hari dapat mengganggu kesehatan.

Kita perlu lebih mawas diri dalam menghindari berbagai faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini dapat kita lakukan dengan mengubah beberapa gaya hidup, seperti :

1.    Hindari obesitas (BMI > 30), karena ini akan menyebabkan meningkatnya risiko terhadap kejadian penyakit kardiovaskular.

2.    Turunkan berat badan agar mendekati ideal karena penurunan berat badan sebanyak 10 kg dapat menurunkan beban sirkulasi volume darah dan beban pompa jantung.

3.    Dengan dua hal di atas, dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 2/1 mmHg setiap pengurangan 1 kg berat badan dan berkaitan juga dengan adanya penurunan jaringan lemak.

4.    Latihan aerobik secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5/3 mmHg.

5.    Konsumsi buah dan sayuran lebih banyak, dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 2.8/1.1 mmHg, bahkan dengan menghindari konsumsi makanan berlemak, kita dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5./3 mmHg.

6.    Asupan kalium dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 1.0/0.3 mmHg pada orang normal, dan bahkan sebanyak 3.5/2.5 mmHg pada penderita tekanan darah tinggi.

7.    Hindari rokok, karena ternyata pada orang yang berhenti merokok akan memiliki penuruna tekanan darah sebanyak 1.3 mmHg pada perokok ringan dan 4.6 mmHg pada perokok berat.

Dengan penerapan kebiasaan di atas, kita akan memperoleh berbagai manfaat, terutama dalam menjaga tekanan darah selalu dalam kondisi normal dan membuat pompa jantung selalu optimal. Mari kita tingkatkan semangat dan kesadaran untuk menjaga tekanan darah kita dalam kondisi normal agar terhindar dari penyakit kardiovaskular. Jika tekanan darah normal, kita akan merasa badan lebih nyaman dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dan tentunya kita dapat terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

 

Daftar Pustaka

 

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/debar

Frisoli TM, Schmeider RE, Grodzicki T, Messerli FH. Beyond salt: lifestyle modifications and blood pressure. European Heart Journal. 2011. 32:3081-3087.