Manfaat Minyak Olive Terhadap Kesehatan

Manfaat Minyak Olive Terhadap Kesehatan

Penulis: dr. Shandy Stewart Narpati

 

Minyak olive atau lebih sering disebut minyak zaitun telah lama terbukti untuk memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Minyak olive adalah minyak yang didapatkan dari buah olive matang yang di blender dan saring minyaknya. Karena minyak ini berasal dari bahan nabati, maka minyak olive jauh lebih menyehatkan dibanding minyak dari bahan hewani. Minyak olive memiliki kadar lemak jenuh, trans-lemak dan kolesterol yang jauh lebih rendah, dan juga memiliki kadar omega-3 yang tinggi dibanding minyak hewani, terutama minyak olive yang extra virgin. Hal ini disebabkan karena minyak olive memiliki kandungan asam oleic yang sangat tinggi. Asam oleic ini adalah komponen utama yang dapat menyehatkan tubuh kita.

Selain kadar lemak yang sehat, minyak olive juga kaya akan antioksidan yang mampu mengurangi risiko penyakit kronis. Juga membantu memerangi peradangan, serta menjaga kadar kolesterol darah dari oksidasi. Antioksidan telah terbukti dapat menurunkan terjadinya kanker dan penyakit menahun lainnya seperti diabetes, serta menjaga berat badan sehingga tidak obesitas. Minyak olive juga dikatakan baik untuk pencernaan karena dapat melindungi lapisan lambung dari asam, sehingga sangat baik bagi mereka yang memiliki sakit maag atau penyakit lambung lainnya. Minyak olive juga menginduksi produksi empedu dan hormon pankreas secara alami, lebih dari obat lainnya. Hal ini membantu kelancaran ekskresi empedu dan menurunkan kemungkinan pembentukan batu empedu.

Sebuah diet yang cukup terkenal, yaitu diet ala Mediterranean, mencakupi konsumsi minyak olive, ikan, kacang dan buah buahan dalam jumlah yang banyak, dibandingkan dengan daging merah seperti sapi. Diet ini telah terbukti dapat menurunkan angka terjadinya kejadian stroke dan serangan jantung sbenayak 30%.

Selain menjaga kesehatan jantung, ternyata ada manfaat lain yang dapat diperoleh dari minyak olive. Manfaat lainnya adalah minyak olive dapat menjaga kelembaban kulit dan rambut, serta membantu pertumbuhan rambut. Jika minyak olive dioleskan ke kulit, kulit dapat menjadi lebih kencang dan halus.

Oleh karena beberapa hal tersebut, tidak heran bila minyak olive ini dijuluki sebagai minyak ajaib. Jangan lupa untuk menjadikan minyak ajaib ini sebagai bagian dari keseharian Anda. Manfaatkan minyak zaitun dengan sebaik-baiknya dan nikmati perubahan positifnya. Tetap sehat!