Manfaat Kacang Kedelai terhadap Kesehatan Jantung

Manfaat Kacang Kedelai terhadap Kesehatan Jantung

Penulis: dr. Virandra B. Kusmanto

 

Kacang kedelai adalah sumber makanan yang kaya akan antioksidan, serat, vitamin, mineral dan lemak tidak jenuh. Kacang kedelai dan produk-produknya telah dibuktikan memiliki efek kardioprotektif karena memiliki beberapa senyawa yang benefisial, seperti isoflavone dan daidzein. Kandungan senyawa dalam kacang kedelai dapat mencegah terjadinya penyakit jantung melalui beberapa mekanisme, yaitu:

1.     Memiliki efek vasodilatasi pembuluh darah

Isoflavone berinteraksi dengan reseptor estrogen yang ada pada pembuluh darah coroner, yang dapat menyebabkan produksi nitrous oxide (NO) sebuah gas yang memiliki efek melebarkan pembuluh darah.

2.     Menurunkan kadar kolesterol

Isoflavone menurunkan kadar kolesterol dengan cara mempercepat eliminasi LDL dan VLDL dalam liver.

3.     Merupakan sebuah antioksidan

Daidzein yang terdapat dalam kedelai akan di metabolism oleh bakteri dalam system pencernaan dan berubah menjadi equol, sebuah antioksidan yang ampuh.

4.     Memiliki efek anti inflamasi

Isoflavone juga meningkatkan kesejahteraan bakteri baik dalam system pencernaan yang kemudian dapat memproduksi antioksidan tersebut.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika pada tahun 2020 yang mengikuti kebiasaan makanan pada 210.700 orang menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi isoflavone lebih dari 2 mg setiap harinya, memiliki 13% penurunan angka kejadian serangan jantung dan stroke dibanding yang mengkonsumsi isoflavone kurang dari 0.15 mg setiap harinya. Walaupun perbedaan nya terlihat kecil, perlu diketahui bahwa kadar konsumsi kedelai dalam studi ini relatif masih sedikit. Jika dibandingkan dengan sebuha studi lain yang dilakukan di Jepang, dimana konsumsi kedelai sangat tinggi (>40 mg per hari), angka penurunan kejadian serangan jantung dan stroke dapat mencapai hingga 45%.

Agar tidak bosan, kacang kedelai dapat diproses menjadi berbagai macam makanan seperti tempe, susu kacang, dan tahu. Kacang edamame juga belakangan ini menjadi cukup populer. Oleh karena itu, marilah kita mengkonsumsi kedelai lebih banyak lagi. Selain enak, jenis makanan ini juga sangat menyehatkan jantung.