Makanan “Yang di Air Fry Lebih Sehat?” Mari Kita Simak

Makanan “Yang di Air Fry Lebih Sehat?” Mari Kita Simak

Penulis: dr. Shandy Stewart Narpati

 

Dalam era modern ini, semakin banyak masyarakat yang sadar akan betapa pentingnya kesehatan jantung. Oleh karena itu, semakin banyak juga perkembangan teknologi yang mengklaim dapat membantu menjaga kesehatan seseorang, contohnya adalah menggoreng makanan dengan menggunakan air fryer.

Teknik air frying adalah cara menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak goreng, melainkan dengan cara menghembuskan udara panas yang akan mematangkan dan ‘menggoreng’ makanan yang ada di dalam alat air fryer. Dengan cara ini, makanan tidak dicelup di minyak dan menyerap kandungan minyak seperti biasanya. Makanan yang di air fry telah dibuktikan memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh hingga 75% lebih sedikit dibandingkan dengan makanan serupa yang digoreng secara tradisional, yaitu dengan dicelupkan ke dalam minyak goreng.

Namun, beberapa studi juga menemukan peningkatan kadar senyawa akrilamida dalam makanan yang di air fry. Akrilamida adalah senyawa yang dapat menyebabkan kanker, seperti dibuktikan oleh National Cancer Institure di New York. Senyawa ini dapat timbul apabila makanan yang mengandung karbohidrat dimasak dalam jangka waktu yang cukup lama dalam temperatur yang tinggi. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bahwa jika anda menggunakan air fryer, derajat suhu disarankan untuk tidak melebihi 180 derajat celcius.

Meskipun demikian, Teknik air frying tetap dikatakan lebih sehat daripada menggoreng dengan minyak goreng. Lalu bagaimana dengan rasanya? Banyak orang yang melaporkan bahwa rasa makanan yang digoreng dengan teknik ini memiliki rasa yang sama dengan menggoreng di minyak goreng. Hal ini merupakan salah satu faktor paling penting juga karena banyak orang yang lebih mementingkan rasa dibanding kesehatan.

Dengan pertimbangan-pertimbangan di atas, memasak makanan dengan air fryer berpotensi lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng dalam banyak minyak. Memasak makanan dengan air fryer menurunkan asupan lemak, kalori, dan senyawa tertentu yang terkandung dalam makanan gorengan biasa. Jika Anda tetap ingin mencoba makanan yang seperti digoreng namun ingin mengurangi asupan lemak dan kalori, memasak dengan air fryer layak dicoba. Tentunya alangkah lebih baik lagi apabila asupan makanan yang ‘digoreng’ dengan cara apapun agar lebih dihindari lagi.