Layanan Unggulan Pemeriksaan PCR SARS CoV-2

Layanan  Unggulan Pemeriksaan  PCR SARS CoV-2

 

Penulis: Hirawati, AMAK

Unit Pelayanan Laboratorium Klinik berada di bawah naungan Instalasi Patologi Klinik dan Bank Darah Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita . Saat masa pandemi mulai berlangsung di awal tahun 2020 hingga sekarang, unit pelayanan ini menjadi salah satu unit tersibuk dengan pelayanan menyeluruh dalam deteksi virus covid-19.  Mulai dari pemeriksaan rapid antibodi SARS CoV-2, rapid antigen hingga antibodi kuantitatif SARS CoV-2 untuk menilai secara kuantitatif hasil pembentukan antibodi paska vaksinasi Covid-19 maupun paska menjadi penyintas Covid-19. Selain itu ,pemeriksaan terkait pandemi yang berlangsung sampai saat ini, salah satu yang menjadi primadona adalah pemeriksaan laboratorium biomolekuler  PCR SARS CoV-2 untuk menemukan materi genetik dari virus Covid-19 tersebut.

Pengerjaan pemeriksaan PCR SARS CoV -2 ini menjadi salah satu pemeriksaan unggulan yang dikerjakan secara profesional oleh tim unit pelayanan laboratorium klinik Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Dimulai dari fase pra analitik untuk pengambilan spesimen swab nasofaring dan orofaring yang dikerjakan oleh tim regu phlebotomi yang terlatih dalam pengambilan swab ini . Pelayanan pengambilan spesimen swab ini dikerjakan baik untuk pasien rawat jalan maupun rawat inap . 

Bagi Pasien rawat jalan, pengambilan spesimen swab selain dilakukan pada Gedung Litbang di Lantai 1 yang sudah dilengkapi dengan ruang pengambilan swab  bertekanan udara negatif, disediakan juga bilik swab khusus di area dengan ruang akses udara  terbuka di lajur jalan dekat ruang pelayanan laboratorium klinik ,bila pengambilan spesimen swab dilakukan di luar jam pengambilan swab di gedung Litbang. Sementara untuk pengambilan spesimen swab rawat inap dilakukan oleh tim regu phlebotomi secara khusus dan terbagi pengerjaannya dalam tugas shift dinas.

Gambar :  Proses Pengambilan Spesimen Swab

Kemudian proses  analisa sampel PCR SARS CoV-2 dikerjakan oleh tim ATLM ( Ahli Teknik Laboratorium Medik)  Unit Pelayanan Laboratorium Klinik yang profesional dan terlatih,  melibatkan juga  para Staf Medis berpengalaman dari Instalasi Patologi Klinik dan Bank Darah RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang  dipimpin oleh dr.Baskoro Justicia Prakoso ,Sp.PK . Staf medis yang ikut serta dalam proses analisa pemeriksaan ini adalah dr.Adrian Gunawan,  Sp.PK dan dr. Lilik Indrawati , Sp.PK.

Setiap tahapan pengerjaan pemeriksaan PCR SARS CoV-2 mulai dari proses ekstraksi , master mix, plating, hingga analisa hasil akhir pemeriksaan dikerjakan dengan baik dan fokus, peralatan terkini yang digunakan adalah alat Roche MP96 (untuk alat ekstraksi) dan alat Roche z480 (proses PCR). Tidak luput pula petugas dibekali  menggunakan alat perlindungan diri yang memadai bagi petugas sehingga saat kasus covid-19 meningkat tajam, pemeriksaan ini mampu menjadi salah satu titik tumpu keberlangsungan pelayanan tindakan medis yang berarti baik bagi pasien secara umum maupun tenaga kesehatan dan sumber daya  manusia lainnya dalam pelayanan rumah sakit  ini khususnya .

Gambar : Proses Ekstraksi dalam pemeriksaan PCR SARS CoV-2

Gambar : Proses Master Mix pemeriksaan PCR SARS CoV-2

Gambar : Proses PCR pada alat dan analisa hasil pemeriksaan PCR SARS CoV-2

Sampai dengan saat ini, pemeriksaan PCR SARS CoV-2 dari instalasi ini masih menjadi salah satu pemeriksaan yang sangat diminati oleh pasien rawat jalan secara umum untuk berbagai keperluan persyaratan perjalanan terutama karena hasil laboratorium  yang berkualitas ,pengerjaan sampel yang terukur waktunya dari proses pengambilan spesimen hingga keluar hasil pemeriksaan yang sekaligus bisaterinput dalam jejaring   aplikasi Peduli Lindungi sehingga memudahkan keperluan konsumen laboratorium rawat jalan  dengan hasil maksimal 1 x 24  jam sudah terinput dalam aplikasi tersebut.

Gambar : Para Petugas ATLM dalam Tim PCR   dan Kepala Instalasi Patologi Klinik dan Bank darah

dr.Baskoro Justicia Prakoso , Sp.PK

Pelayanan pemeriksaan laboratorium PCR SARS CoV -2 ini pun bagi unit-unit yang terkait tindakan medis  menjadi salah satu acuan yang penting dalam persyaratan pelaksanaan tindakan medis yang akan dilakukan. Sehingga hasil laboratorium yang dapat dipertanggung-jawabkan  sudah menjadi satu keharusan untuk membantu kelancaran proses tindakan medis  sekaligus memberi perlindungan dan rasa aman bagi petugas medis yang akan melaksanakan tindakan medis tersebut.