Layanan Gizi Terbaik untuk Jantung Anda

Layanan Gizi Terbaik untuk Jantung Anda

 

Pelayanan Gizi dan Dietetik RS Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita, merupakan salah satu layanan penunjang dalam pelayanan kesehatan paripurna rumah sakit, yang terintegrasi dengan kegiatan lainnya. Pelayanan ini diberikan oleh Dietisien yang kompeten untuk pasien dengan atau tanpa risiko dan atau malnutrisi, meliputi asuhan gizi dan penyelenggaraan makanan diet, melalui pendekatan pada aspek promotif, preventif kuartif dan rehabilitatif.

Ditunjang oleh tenaga Pranata Jamuan Pelayanan Makanan dan Juru Masak, pelayanan pada Instalasi Gizi ini siap melayani pasien-pasien selama menjalankan perawatan dengan kenyamanan, sehingga proses penyembuhan pasien menjadi lebih cepat.

Jenis Layanan Unggulan yang dimiliki Instalasi GIZI RS Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita antara lain :

1.     Pelayanan Dietetik Pasien Rawat Inap


Layanan Dietetik pasien rawat inap dilakukan oleh tim dietisien yang telah tersertifikasi dan kompeten  dalam memberikan asuhan dietetik dengan Nutrition Care Proses yang merupakan metode pemecahan masalah sistimatis yang digunakan sebagai cara berfikir kritis serta membuat keputusan untuk mengatasi masalah gizi dan memberikan asuhan gizi yang berkualitas, aman dan efektif selama anda di rawat.


Dalam memberikan Pelayanan Dietetik selama pasien dirawat, kami selalu  sesuaikan dengan keadaan klinis, status gizi, dan status metabolisme tubuh. Mulai pasien rawat dalam kondisi kritis sampai dengan perawatan biasa.

Penting untuk diketahui bahwa keadaan gizi pasien sangat berpengaruh pada proses penyembuhan penyakit, sebaliknya proses perjalanan penyakit dapat berpengaruh terhadap keadaan gizi pasien.

 

 

2.     Pelayanan Makanan Diet Jantung

Layanan Makanan Diet Jantung merupakan bagian dari penyelenggaraan makanan yang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan makanan diet dan enteral pasien yang tak terpisahkan dari pelayanan gizi rumah sakit; rangkaian kegiatan yang dilakukan  mulai dari membuat  menu oleh para Chef handal, hingga pendistribusian makanan kepada pasien dalam rangka pencapaian status kesehatan yang optimal melalui pemberian diet yang tepat.

 

 

 

 

Selain menu – menu yang disajikan merupakan menu terbaik, dengan teknik olah yang aman, layanan makanan pasien rawat inap kami juga dilengkapi dengan peralatan Modern untuk mendukung kualitas makanan yang diberikan.

Hot Trolly akan membuat makanan tetap hangat saat dikonsumsi ketika pasien dirawat. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk membuat selera makan pasien tetap terjaga. Fasilitas lainnya adalah alat makan yang bersih dan terjamin bebas kuman karena keamanan makanan pasien merupakan fokus utama di Instalasi Gizi RSJPDHK. Kami juga secara berkala melakukan pengujian ketat terhadap jumlah bakteri baik pada makanan yang dihasilkan maupun  peralatan makanan yang digunakan, untuk mewujudkan Patient Safety bagi para pasien.

 

3.     Konseling Gizi

Konseling Gizi Dan Edukasi Pasien menjadi Layanan Unggulan kami yang selanjutnya. Bersama Dietisien Profesional, pasien akan dibantu untuk merubah gaya hidup agar menjadi lebih sehat dengan jantung tetap terjaga.

 

 

Kunjungan rutin dan edukasi gizi juga dilakukan oleh Dietisien  pada pasien di ruang rawat inap untuk mengetahui riwayat makanan sebelum masuk rumah sakit, alergi makanan, status gizi awal masuk rumah sakit yang bertujuan untuk mengetahui potensi resiko pasien yang bermasalah gizi atau tidak, serta menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan / penyesuaian diet pasien.