Kopi Baik Untuk Anda: Mitos Atau Fakta?

Kopi Baik Untuk Anda: Mitos Atau Fakta?

 

Penulis:  dr. Nicky Alexandra

 

Yak! Kabar baik untuk Anda pecinta kopi. Memang terkadang salah satu efek langsung setelah minum kopi adalah berdebar-debar, namun selain itu adalah fakta bahwa tersimpan banyak manfaat kopi untuk jantung Anda.

Jadi, lanjutkan minum kopinya?

Eits! tidak secepat itu, Kawan! Kita pelajari dulu, bagaimana cara minum kopi yang tepat agar kita dapat mengambil manfaat kopi untuk jantung!

Kopi belakangan ini semakin banyak digemari, apalagi dengan maraknya kultur nongkrong di warung kopi (warkop) yang menjamur. Minum kopi akan segera meningkatkan konsentrasi, memperbaiki mood, mengurangi kantuk, dan meningkatkan performa kerja. Apa yang sebenarnya terjadi segera setelah minum kopi? Kadar hormon stres seperti adrenalin meningkat, tekanan darah akan sedikit naik, detak jantung  lebih cepat, dan jantung memompa lebih kuat. Hal-hal inilah yang menimbulkan sensasi berdebar-debar pada sebagian orang yang tidak biasa.

Manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kopi jangka panjang akan sedikit berbeda dengan efek langsung kopi tadi. Terdapat banyak studi yang menyatakan bahwa minum kopi jangka panjang baik untuk kesehatan jantung. Manfaatnya untuk jantung misalnya menurunkan risiko gagal jantung, risiko jantung koroner, dan menurunkan risiko meninggal dunia karena penyakit jantung. Kebiasaan minum kopi juga dihubungkan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2, stroke, parkinson, dan Alzheimer.  Kopi merupakan salah satu sumber antioksidan sehingga dapat  memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk menekan risiko kanker usus.

Hal tersebut menguntungkan sekali, bukan?

Pertanyaanya, bagaimana cara minum kopi yang benar?

·      Minumlah kopi hitam, tanpa sirup tanpa gula tanpa creamer. Tambahan-tambahan tadi akan mengurangi potensi manfaat dengan meningkatkan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

·    Mengkonsumsi 3-4 gelas kopi sehari (400mg kopi) umumnya masih tidak memberikan efek buruk. Namun ketahuilah batas konsumsi Anda, tidak semua orang memiliki ambang toleransi yang sama. Jangan sampai sensasi berdebarnya menyebabkan Anda gemetar, gelisah, dan tidak fokus.

·         Tetap miliki waktu tidur yang cukup.

·         Jangan paksakan minum kopi jika asam lambung sedang tidak bersahabat.

Terlepas dari banyaknya manfaat kopi, jangan jumawa. Tetap utamakan pola makan sehat, olah raga teratur, tidak merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, kendalikan penyakit yang ada. Nikmati hidup dan jadikanlah kopi sebagai satu kebiasaan yang berbonus kesehatan.
Salam sehat!

 

 Referensi:

1.     Shokouh P, Jeppesen PB, Hermansen K, et al. Effects of Unfiltered Coffee and Bioactive Coffee Compounds on the Development of Metabolic Syndrome Components in a High-Fat-/High-Fructose-Fed Rat Model. Nutrients. 2018;10(10):1547. Published 2018 Oct 19. doi:10.3390/nu10101547

2.     Coffee: A heart-healthy brew? - Harvard Health [Internet]. Harvard Health. 2022 [cited 7 February 2022]. Available from: https://www.health.harvard.edu/heart-health/coffee-a-heart-healthy-brew

3.     9 Reasons Why (the Right Amount of) Coffee Is Good for You [Internet]. Hopkinsmedicine.org. 2022 [cited 7 February 2022]. Available from: https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-reasons-why-the-right-amount-of-coffee-is-good-for-you

4.     Is coffee good for you or not? [Internet]. www.heart.org. 2022 [cited 7 February 2022]. Available from: https://www.heart.org/en/news/2018/09/28/is-coffee-good-for-you-or-not