Ketahuilah Tanda Penting Gejala Berbagai Penyakit Jantung

Ketahuilah Tanda Penting Gejala Berbagai Penyakit Jantung

Penulis: dr. Aprilia Aqmarina Indah

 

Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit jantung dapat berupa banyak hal, sehingga sangat penting untuk mengetahui berbagai gejala yang ditimbulkan dan penyakit jantung yang mendasari timbulnya gejala tersebut. Mari kita simak lebih lanjut mengenai berbagai tanda penting gejala penyakit jantung 

Penyakit Pembuluh Darah Jantung
            Penyakit arteri koroner atau sering kita didengar sebagai penyakit jantung koroner yang terjadi akibat adanya suplai di pembuluh darah jantung yang tidak baik. Salah satu penyebab dari suplai darah tidak baik atau adanya sumbatan pada pembuluh darah adalah akibat adanya deposit dari kolesterol yang menyebabkan adanya plaque. Plaq tersebut kemudian mengakibatkan terjadinya atherosclerosis. Hal ini menyebabkan distribusi aliran darah ke seluruh tubuh menjadi menurun dan dapat mengakibatkan serangan jantung yang ditandai dengan adanya nyeri dada kiri yang menjalar ke lengan kiri, dapat disertai dengan keringat dingin, mual atau muntah. Nyeri dada yang dirasakan dapat berupa nyeri terasa tertimpa beban berat, tertindih, terbakar atau tertusuk dan menembus ke punggung. 

            Penyakit arteri koroner dapat terjadi pada wanita dan laki - laki, namun pada umumnya laki - laki lebih banyak mengalami nyeri dada, dan sebaliknya biasanya gejala yang ditimbulkan pada wanita berupa chest discomfort, sesak nafas, mual atau muntah, atau lemas seluruh tubuh. 


Gangguan Irama Jantung (Aritmia)

            Gangguan irama jantung atau yang disebut dengan aritmia sering kali dapat menyebabkan kegawatdaruratan pada pasien. Gangguan irama jantung terjadi ketika denyut jantung menjadi lebih pelan dari normal atau yang disebut bradiaritmia atau menjadi lebih cepat yang disebut takiaritmia. Aritmia sendiri ada yang bersifat stabil dan ada pula yang bersifat tidak stabil. Pada pasien dengan gangguan aritmia, gejala yang ditimbulkan dapat berupa rasa tidak nyaman pada dada, menggigil, riwayat pingsan sebelumnya atau seperti rasa sempoyongan, rasa berdebar atau dada terasa penuh, sesak nafas.


Penyakit Jantung Bawaan

            Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan kelainan jantung yang bersifat kongenital, dimana penyakit ini sudah terjadi pada saat lahir. Gejala yang ditimbulkan pada pasien PJB tergantung pada letak lokasi kelainan jantung yang dialami, sehingga gejala yang ditimbulkan dapat sianosis atau kebiruan dan ada pula yang asianosis atau tidak biru. Pasien dengan gejala sianosis biasa akan muncul kebiruan pada bibir, atau kulit baik setelah aktivitas ataupun pada saat tidak melakukan aktivitas. Gejala lain yang ditimbulkan diantaranya adanya perut membesar, bengkak pada kedua tungkai, berat badan sulit naik, dan pertumbuhan atau perkembangan anak menjadi terhambat. 


Kardiomiopati

            Pada pasien kardiomiopati fase awal, biasanya pasien tidak mengeluhkan adanya gejala, namun seiring berjalannya waktu atau ketika kondisi kardiomiopati yang semakin memburuk maka gejala pada umumnya akan timbul. Gejala yang akan timbul dapat berupa pingsan, lemas seluruh tubuh, nafas menjadi pendek dan menjadi cepat lelah ketika melakukan aktivitas, tidur dengan beberapa bantal pada saat malam hari, nafas menjadi tidak teratur, bengkak pada tungkai. 


Penyakit Katup Jantung

            Jantung sendiri memiliki empat katup, diantaranya katup aorta, katup mitral, katup pulmonal dan katup trikuspid. Katup - katup tersebut berfungsi untuk sirkulasi darah di jantung dan nantinya dapat dialirkan ke seluruh tubuh. Ketika katup pada jantung bermasalah maka akan menyebabkan gangguan, gangguan yang ditimbulkan pada katup dapat berupa stenosis (atau penyempitan) atau regurgitasi (menjadi lemas atau insufisiensi dari katup), atau juga katup tsb tidak dapat berfungsi menutup sempurna (prolaps)

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit katup sendiri bergantung pada bagian katup mana yang terkena, diantaranya gejalanya berupa nyeri dada, pingsan, fatigue, nafas tidak teratur dan menjadi pendek, atau adanya bengkak pada kedua tungkai. Penyakit katup lainnya juga bisa disebabkan karena endokarditis. Endokarditis merupakan infeksi pada jantung yang menyebabkan gangguan pada katup jantung dan bagian dinding terdalam dari jantung, endokardium. Gejala yang ditimbulkan dari endokarditis diantaranya batuk lama, demam, sesak nafas, gangguan irama jantung, adanya ruam pada kulit, bengkak pada tungkai dan adanya lemas seluruh tubuh. 

Jika terjadi gejala - gejala yang telah disebutkan diatas, maka sangat direkomendasikan untuk memeriksakan diri anda ke rumah sakit dengan pelayanan fasilitas jantung yang memadai, hal ini untuk mencegah terjadinya perburukan kondisi yang mungkin dapat terjadi. Dan, segeralah ke Unit Gawat Darurat jika ada keluhan berupa nyeri dada kiri, gangguan irama jantung, sesak nafas, atau adanya penurunan kesadaran. 

 


Daftar Pusataka :
Stephen Kopecky, M.D., 2022, Cardiovascular Disease, Mayo Clinic

Sumber gambar: freepik.com