Jantung Wanita

Jantung Wanita

 

Penulis: dr. Praditya Virza Ramadhan

 

Peyakit kardiovaskular masih menjadi penyebab kematian nomor 1 pada Wanita. Di Amerika, pada tahun 2013, 1 dari 3 kematian Wanita disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Penyebab penyakit jantung pada Wanita tidak berbeda dengan Pria, namun terdapat beberapa hal unik jika disandingkan atara keduanya.

Usia adalah salah satu faktor risiko yang sangat berpengaruh pada kejadian penyakit jantung koroner pada Wanita, uniknya pada usia dibawah 60 tahun, jumlah penyandang penyakit jantung koroner Wanita jauh lebih sedikit dibanding Pria, namun pada Wanita dengan usia di atas 60 tahun (saat menopause) tedapat peningkatan yang signifikan, hal ini diduga karena saat memasuki fase menopause terjadi penurunan hormone estrogen yang bersifat protektif untuk jantung.

Selain itu, terdapat perbedaan gejala penyakit jantung koroner pada Pria dan Wanita (terutama saat masih di usia produktif). Gejala yang paling umum pada penyakit jantung koroner adalah nyeri dada yang terasa berat seperti ditindih, dapat disertai dengan penjalaran ke leher dan punggung. Namun, pada Wanita sering sekali gejala ini tidak muncul, gejala yang muncul sering kali tidak pada umumnya, gejala dapat berupa mual, muntah, dan keringat dingin saja tanpa disertai dengan nyeri dada. Oleh karena itu, pada pasien Wanita usia produktif, penting untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan rekam jantung untuk melihat apakah benar terjadi serangan akut jantung koroner.

Oleh karena itu, perlunya perhatian khusus untuk melakukan pendekatan yang lebih pada pasien Wanita yang dicurigai memiliki penyakit jantung koroner atau mempunya faktor-faktor risiko penyebab penyakit jantung koroner. Pedoman dari asosiasi jantung amerika memberikan rekomendasi untuk pencegahan penyakit jantung pada Wanita, pedoman tersebut menyarankan untuk para Wanita juga mengatur pola hidup sehat yaitu mengkonsumsi makanan rendah kolesterol, tidak merokok, dan melakukan aktifiats fisik.

 

Sumber:

1. Zipes DP. Braunwald's heart disease: a textbook of cardiovascular medicine. BMH Medical Journal-ISSN 2348–392X. 2018 Mar 2;5(2):63-.

2. Garcia M, Mulvagh SL, Bairey Merz CN, Buring JE, Manson JE. Cardiovascular disease in women: clinical perspectives. Circulation research. 2016 Apr 15;118(8):1273-93.

3. Mosca L, Benjamin EJ, Berra K, Bezanson JL, Dolor RJ, Lloyd-Jones DM, Newby LK, Pina IL, Roger VL, Shaw LJ, Zhao D. Effectiveness-based guidelines for the prevention of cardiovascular disease in women—2011 update: a guideline from the American Heart Association. Circulation. 2011 Mar 22;123(11):1243-62.