Jantung Sehat Harapan Kita; Poliklinik RSJPDHK Siap Membantu Anda

Jantung Sehat Harapan Kita; Poliklinik RSJPDHK Siap Membantu Anda

Penulis: Walidatul Laili Mardliyah

 

Penyakit jantung merupakan penyakit yang terbilang menakutkan di kalangan masyarakat umum. Hal ini disebabkan karena penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama penyebab kematian di dunia, sebesar 16% dari total seluruh angka kematian (WHO, 2019). Sementara itu, di Indonesia penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua setelah stroke (Kemenkes 2017). Jantung mempunyai fungsi yang besar bagi kelangsungan hidup manusia, memompakan darah ke paru-paru dan seluruh tubuh secara terus menerus tanpa henti. Kerja jantung juga berdampak pada anggota tubuh lain. Apabila terdapat masalah pada jantung, tentu hal ini akan mempengaruhi organ vital lainnya, seperti otak, paru-paru, ginjal, dan yang lainnya.

Ada berbagai macam penyakit jantung, diantaranya penyakit jantung koroner, katup jantung, penyakit jantung bawaan, aritmia, yang berujung pada gagal jantung. Seiring berkembangnya zaman, teknologi untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit jantung juga semakin canggih. Sebagai pusat rujukan jantung utama di Indonesia, RS Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita siap membantu masyarakat menangani berbagai macam kasus jantung dengan kompleksitasnya.

Poliklinik RSJPD Harapan Kita hadir menjadi solusi bagi masyarakat agar bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung profesional, menjembatani penegakan diagnosa, pemeriksaan penunjang, tindakan kateterisasi maupun bedah jantung, rehabilitasi, hingga penyembuhan pasien. Tim medis poliklinik bekerja sepenuh hati dengan harapan memberikan layanan terbaik. Poliklinik RSJPD Harapan Kita juga ramah terhadap pasien geriatri/lanjut usia dan risiko jatuh. Kesehatan dan keselamatan pasien adalah fokus tujuan kami..

Berikut ini adalah beberapa layanan unggulan Poliklinik RSJPD Harapan Kita:

1.      Klinik Aritmia

Anda sering mengalami berdebar? Atau sering tiba-tiba pusing/kliyengan bahkan sampai pingsan? Cari tahu penyebabnya, bisa jadi ada masalah gangguan irama jantung atau yang disebut aritmia. Klinik aritmia ini menjembatani Anda agar bisa berkonsultasi terkait deteksi dan tatalaksana gangguan irama jantung dengan teknologi mutakhir, seperti:

a.   Holter Monitoring, yaitu perekaman irama jantung selama 24 jam atau lebih

b.   Follow up/reprogram Alat Elektronik Kardiovaskuler Implan (ALEKA), seperti alat pacu jantung permanen (PPM), defibrilator kardiak implan (ICD), atau terapi resinkronisasi jantung (CRT)

c.   Tilt Table Test/ Tes Meja Jungkit untuk mendiagnosis sinkop/pingsan

d.   Kardioversi Elektrik pada pasien fibrilasi atrium

e.   Tes Ajmalin/Provokasi Brugada.

                                       Gb. Holter Monitoring

                                          Gb. Tilt Table Test

 

2.      Klinik Gagal Jantung

Kondisi dimana pompa jantung yang menurun seringkali menyebabkan urin susah keluar dan cairan tertahan di dalam tubuh, perut semakin membesar, kaki bengkak, hingga sesak. Dalam hal ini, pembatasan cairan perlu diperhatikan. Ukur berat badan setiap hari. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan signifikan disertai kondisi sesak dan bengkak, segeralah datang ke klinik gagal jantung. Klinik ini hadir untuk menjembatani konsultasi maupun edukasi pasien yang mengalami gagal jantung. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien gagal jantung, menurunkan angka rehospitalisasi, serta mencegah morbiditas dan mortalitas pasien. Klinik ini juga memfasilitasi layanan suntikan diuretik untuk mengeluarkan urin agar sesak berkurang dan injeksi antibiotik sesuai instruksi dokter.

 

3.      Klinik Pediatrik dan Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

Apakah Anda mendapati anak Anda mengalami kebiruan di area mulut atau ujung-ujung jari? Atau sering mendapati anak Anda tiba-tiba jongkok saat kelelahan atau berat badan susah naik? Konsultasikan ke klinik pediatrik RSJPD Harapan Kita untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klinik ini menjembatani tatalaksana penyakit kelainan struktur jantung dan pembuluh darah yang dibawa sejak lahir atau yang dikenal sebagai “Penyakit Jantung Bawaan (PJB)”. PJB dibedakan menjadi sianotik (biru) dan asianotik (tidak biru). Poli pediatrik dan PJB hadir menjadi solusi agar para orang tua bisa berkonsultasi dengan dokter subspesialis jantung pediatrik dan bedah jantung pediatrik profesional yang tentunya ahli dalam bidang ekokardiografi, kateterisasi jantung anak, bedah jantung anak, bahkan ekokardiografi fetal (janin dalam kandungan). Dengan deteksi dini PJB, pasien diharapkan bisa sehat, selamat, dan mencegah kematian. Menghadapi pasien anak-anak tentu berbeda dengan pasien dewasa. Dalam hal ini, pendekatan atraumatic care sangat dibutuhkan, peran keluarga wajib dilibatkan untuk mencegah trauma pada anak, apalagi pada pasien PJB sianotik yang rentan terjadi spell (suatu kondisi kegawatan yang mengancam nyawa). Klinik pediatrik juga didesain dengan tampilan ruangan yang full color disertai gambar kartun kesukaan anak-anak, tersedia juga tampilan video lagu anak-anak yang membuat lingkungan semakin ceria serta bersahabat. Hal ini tentunya membuat orang tua tenang dan anak pun senang. 

4.      Poli Online

Pandemi COVID-19 menjadi masalah global sejak akhir tahun 2019 dan mulai masuk ke Indonesia pada awal 2020. Untuk memutus mata rantai penyebarannya, karantina dan isolasi dinilai sebagai solusi yang efektif.Sejak bulan Maret 2020, Pemerintah Indonesia melakukan program pencegahan pandemi COVID-19 dengan anjuran “Di Rumah Aja” atau yang lebih dikenal dengan “Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)”. Hal ini tentu berdampak pada semua orang termasuk pasien jantung, terutama mereka yang tinggal di daerah. Atas dasar keterbatasan pasien dalam berkonsultasi secara langsung, Poli Online hadir menjadi solusi konsultasi jarak jauh melalui video teleconference. Selain itu, RSJPDHK juga melayani jasa antar obat ke rumah bagi pengguna layanan Poli Online. Hal ini bertujuan agar pasien kami tetap sehat meskipun di rumah saja.

 

Mempunyai jantung sehat adalah mimpi bagi setiap insan. Tidak ada satupun manusia di dunia yang menginginkan untuk terkena penyakit jantung. Sayangi jantung Anda dengan menjaga pola hidup sehat. Bila Anda mendapati masalah jantung, silakan berkonsultasi dengan tim medis terbaik kami di Poliklinik RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Untuk info lebih lanjut, silakan menghubungi Call Center 1500034. Dengan layanan menggunakan teknologi terkini, tim kami berusaha melayani agar pasien jantung bisa survive dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Yakinlah bahwa sakit jantung bukanlah akhir dari segalanya karena semua manusia berhak sehat, semua orang berhak hidup bahagia.