Jahe, Bawang Putih dan Ikan Laut Sebagai Penunjang Imunitas Tubuh pada Pasien dengan PJK

Jahe, Bawang Putih dan Ikan Laut Sebagai Penunjang Imunitas Tubuh pada Pasien dengan PJK

 

Penulis: Lestia Dwi Nuryati, SKM.S.Gz

 

Satu tahun lebih kita menghadapi virus corona yang belum kunjung usai. Berbagai macam kita lakukan agar kita terhindar dari virus yang mematikan ini. Salah satunya adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Mengapa imunitas menjadi sangat penting disaat terjadinya kasus pandemi? Karena imunitas tubuh merupakan benteng pertahanan tubuh kita. Imunitas merupakan  suatu sistem pertahanan tubuh atau kekebalan tubuh dalam menghadapi mikroorganisme dan benda asing seperti virus, bakteri, fungi, dan cacing.

Ada berbagaimacam cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh antara lain : menerapkan hidup sehat, menghindari stress,  dan mengkonsumsi suplemen atau vitamin agar sistem kekebalan tubuh tetap prima. Salah satu usaha untuk meningkatkan imnunitas dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan zat - zat gizi. Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung unsur : karbohidrat, protein, lemak  dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. (1)  Makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E serta Dbisa memperbaiki  kerja sel imun dan kerja imun alami. (2)

Ditengah situasi pendemi seperti ini banyak sekali penyakit degeneratif yang muncul akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup seseorang dapat dari pola makan dan dan aktifitas. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit degeneratif memiliki imunitas tubuh yang lebih rendah dibanding dengan seseorang dalam komdisi normal. Mengapa? Karena Penyakit degeneratif pada seseorang menunjukkan menurunnya kondisi kesehatannya yang ditandai dengan menurunnya fungsi organ atau jaringan seseorang seiring waktu.

Penyakit degeneratif dapat mempengaruhi syaraf, pembuluh darah dan tulang. Hal ini menyebabkan penyakit degeneratif memiliki  berbagai jenis tergantung pada kondisi atau jaringan yang rusak. Salah satu penyakit degeneratif adalah penyakit jantung atau yang dikenal dengan istilah penyakit kardiovaskular. Penyakit jantung ini merupakan salah penyebab kematian terbesar diseluruh dunia  Salah satu penyebabnya adalah penyumbatan pada pembuluh darah. Penyakit jantung ini disebut dengan penyakit jantung koroner. Penyebab utama penyumbatan pembuluh darah adalah kebiasaan yang mengkonsumsi lemak, sehingga lemak tersebut masuk kedalam darah dan menyangkut didinding pembuluh darah lalu menyebabkan pembuluh darah menyempitdan tersumbat. (3 )

Hal ini berarti penyakit jantung koroner dapat dialami semua orang disegala usia, jenis kelamin, pekerjaan dan gaya hidup, Pengobatan peda penyakit jantung  bertujuan meringankan gejala yang dialami, tetapi kunci utama adalah perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan rempah yang melimpah, antara lain : Jahe, pala, cengkeh, pala dan kayumanis. Jahemerupakan tanaman hebal yang memberikan manfaat sebagai terapi dan pengobatan. Jahe memiliki kandungan gingerol dan curcuminyang sangat baik bagi tubuh. Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai anti oksida dan anti imflamasi yang ampuh untuk menangkal radiasi bebas seperti virus corona. (4)

            Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jahe dapat digunakan sebagai minuman,karena berfungsi menghangatkan tubuh dan pereda batuk. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mirip dengan NSAID ( obat anti inflamasi non steroid)  yang menjadikannya obat yang sangat baik untuk flu, sakit kepala dan nyeri. (5 ) Jenis Jahe di Indonesia tidak hanya satu tapi ada 2 yaitu jahe putih dan jehe merah, namun keduanya memiliki kandungan gizi yang sama. Namun jahe merah memiliki rasa pedas yang lebih kuat sehingga lebih menghangatkan tubuh. Selain itu jahe merah memilik kandungan minyak atsiri, zat oleoresin dan gingerol serta zingeron. Kandungan atsiri pada jahe  merah sangat efektif untuk meredakan batuk.Sedangkan zat zingeron efektif untuk peradangan pada usus dan penghambat pemicu enzim inflamasi. Sedangkan pada jahe putih kandungan gingerol mampu mencegah infeksi pada mulut, radang gusi dan saluran pernafasan. Jahe putih juga mampu memaksimalkan fungsi otak dan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Jaheputihjugaefektifuntukmemerangikanker. (6 )

 

Selainjahe, bawangputih jugadipercaya berkhasiat untuk kesehatan, bawang putih memliki kandungan zat atau senyawa seperti beta - karoten, asam pantotena, vitamin c, zat besi serta zat aktif allicin. (7). Senyawa tersebut memliki sifat anti bakteri, antioksidan, serta antivirus yang baik untuk daya tahan dan kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin setiap hari. Manfaat bawang putih bagi kesehatan antara lain : kesehatan jantung, sumber anti oksidan, mempermudah kinerja saluran cerna, mencegah kanker dan menurunkan tekanan darah

Ada 2 jenis bawang putih yaitu bawang putih biasa dan bawah putih tunggal. Perbedaannya bawang putih tunggal tidak digunakan sebagai bumbu masak. Namun bila dkonsumsi dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 12 % jika dikonsumsi secara rutin selama 4  minggu. (8)

 

Nilaikekayaan Indonesiaselanjutnyaadalahlaut, Ikanlautdikenal kaya akanasamlemaktakjenuhganda Omega 3 (DHA dan EPA)memiliki protein yang lengkapmengandunganekajenis vitamin antaralain : vitamin A, B12, D, dan E sertaanekajenis mineral yang sangatdibutuhkanolehtubuhseperti :fosfor, kalsium, natrium, selenium, sengdaniodium. ( 9)

Berdasarkan hasil penelitian Jo Ann Manson dari University of Harvard terhadap 26,000 orang di Amerika Serikat selama 5 tahun menunjukkan bahwa asupan vitamin D dan omega 3 dapat meningkatkan kesehatan jantung  dan daya tahan tubuh. Omega 3 jugadapatmeurunkankadarkolesteroldalamdarah. (10)

Dalam kondisi pandemi seperti ini menjadi tugaskita semua bagaimana memanfaatkan semua bahan makanan tersebut sehingga sangat berarti dalam tubuh kita. Ingatlah mencegah adalah lebih baik. Salah satunya adalah menjaga imunitas dan daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit termasuk Covid 19.

Referensi :

Departemen Zat Gizi dan Pangan IPB, Fungsi  Kebutuhan Zat Gizi dan Pangan, tahun 2015

Ika, Jurus tingkatkan imunitas tubuh saat pandemi covid. 19 , 20 April 2020, UGM

PERKI, Panduan Praktek Klinis dan CP ( Clinical Pathway Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Tahun 2016

Irawan Sapto Adhi, Manfaat Jahe Untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh ( Buku Minuman Tradisional Penguat Daya Tahan Tubuh, 2015

Riska Yulyana Damayanti, Ramuan Untuk meningkatkan Kekebalan Tubuh,Source Bolsky

Dr.Fadhil Rizal Makarim, Sehat dengan Rempah dan Bumbu Jahe Kecil , 18 November 2019

Tim Lentera, Khasiat dan Manfaat Jahe Merah si Rimpang Ajaib, Tahun 2012

Dra. Iyam syamsiah, Apt dan Tadjudin Buku Tentang Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Raja Antibiotik Alami

Reny Rahmawati. Buku Keampuhan Bawang Putih Tunggal Untuk Mengobati Penyakit, Penerbit Pustaka Baru

Singgih wibowo, Syamdidi Dwiyitno, Lutfi Assadad dan Muhammad Darmawan Kandungan Gizi Ikan, Penerbit Swadaya Tahun 2017

Fivi Melva Diana ,Omega 3,Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang , Volume 6 no, 2 Tahun 2012