Gigi Berlubang Celah Menuju Penyakit Jantung

Gigi Berlubang Celah Menuju Penyakit Jantung

Penulis:  dr. Daniel Christian Fernandez Hutabarat

         

Kebersihan serta perawatan gigi masih menjadi aspek kesehatan yang sering diabaikan oleh banyak orang. Isu kesehatan seperti kebersihan gigi dan mulut yang buruk, gigi berlubang yang dibiarkan tanpa tindakan pengobatan dari dokter gigi biasanya akan berakibat kepada penyakit periodontal atau dengan kata lain kerusakan pada gusi dan tulang penyangga gigi. Sebuah studi yang dirilis oleh Jurnal Asosiasi Kesehatan Amerika Serikat (AHA) memaparkan bahwa peradangan yang timbul pada penyakit periodontal dapat meningkatkan resiko terjadinya peenyakit pada jantung. 

Penyakit periodontal dapat menyebabkan gusi yang menutupi bagian pangkal gigi menjadi ‘memendek’ sehingga membentuk celah di bawah garis gusi yang memungkinkan bakteria sembunyi dan berkembang biak. Bakteri streptokokus merupakan penyebab tersering dari infeksi pada gusi. Normalnya bakteri ini banyak ditemukan pada mulut kita. Peradangan pada gusi sering akan membuat seseorang mengalami gejala pendarahan pada gusi. Gusi yang berdarah akan menjadi celah untuk bakteri streptokokus masuk ke dalam pembuluh darah.

Pada saat di dalam pembuluh darah, bakteri-bakteri ini akan menggunakan sejenis protein yang terdapat pada permukaan bakteri yang akan menarik keping-keping darah untuk menggumpal di sekitar bakteri. Gumpalan ini akan berperan sebagai tameng yang melindungi bakteri ini dari sistem kekebalan tubuh seseorang maupun antibiotik yang dikonsumsi untuk menangani gejala yang timbul akibat peradangannya. Selanjutnya gumpalan-gumpalan ini akan membentuk bekuan darah.

Bekuan darah yang melewati organ jantung dan otak dapat mengakibatkan baik serangan jantung maupun stroke dengan cara menyumbat aliran darah ke organ-organ vital tersebut. Selain itu, Infeksi bakteri pada gigi dan gusi juga dapat menyebar ke lapisan dalam organ jantung kita. Infeksi bakteri pada lapisan ini dapat memicu endokarditis infektif atau peradangan pada lapisan dalam jantung.

Itulah sederat penyakit-penyakit yang dapat timbul pada jantung akibat kurangnya perawatan pada gigi dan mulut. Ada banyak cara untuk mencegah peradangan pada gigi dan gusi, dan beberapa hal yang sederhana yang bisa kita lakukan di rumah adalah dengan menggosok gigi teratur minimal dua kali sehari, selalu kumur-kumur dengan air mineral setelah makan cemilan, dan rutin kontrol kesehatan gigi ke dokter gigi minimal 2 kali setahun.