Dash Diet

Dash Diet

 

Penulis: dr. Irvan Rahmat Amanu

  

Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) adalah rencana makan untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah tinggi.Diet DASH menekankan makanan yang lebih rendah sodium serta makanan yang kaya potasium, magnesium dan kalsium – nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah.

DASHDiet berasal dari tahun 1990-an.Pada tahun 1992, National Institute of Health (NIH) mulai mendanai beberapa proyek penelitian untuk melihat apakah intervensi diet tertentu berguna dalam mengobati hipertensi.

Subyek yang termasuk dalam penelitian ini disarankan untuk hanya mengikuti intervensi diet dan tidak memasukkan modifikasi gaya hidup lainnya untuk menghindari faktor perancu.Mereka menemukan bahwa hanya intervensi diet saja yang dapat menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 6 hingga 11 mm Hg.Efek ini terlihat baik pada orang denganhipertensi maupun orang denganTekanan Darah Normal.Berdasarkan hasil ini, dalam beberapa kasus, DASH telah dianjurkan sebagai terapi farmakologis lini pertama bersama dengan modifikasi gaya hidup.

Apa saja yang termasuk dalam diet ini?DASH mempromosikan konsumsi sayuran dan buah-buahan, daging tanpa lemak dan produk susu, dan memasukkan mikronutrien ke dalam menu. Diet DASH standar membatasi natrium hingga 2.300 mg sehari.Ini memenuhi rekomendasi dari Pedoman Diet untuk Amerika untuk menjaga asupan natrium harian kurang dari 2.300 mg sehari.Itu kira-kira jumlah natrium dalam 1 sendok teh garam meja. Versi natrium DASH yang lebih rendah membatasi natrium hingga 1.500 mg sehari.DASH menekankan pada konsumsi makanan yang diproses secara minimal dan segar.Diet DASH memiliki banyak kesamaan dengan beberapa pola diet lain yang dipromosikan untuk kesehatan jantung.

 

Mengutip dari

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/dash-diet/art-20048456

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482514/