CINTA

CINTA

Penulis: Wida Sri Kurniyanti, S.Kep, Ners, Arnianty Vidya Wisnasari, S.Kep, Ners,

Siti Hanifah Rahmawati Fauziah, S.Kep, Ners

 

CINTA berarti rasa kasih sayang antar sesama manusaia secara horisontal dan kepada Tuhan pencipta alam secara vertikal. Cinta kata yang pendek, simpel, sering diucapkan, mudah diucapkan, mudah untuk diingat. Alasan inilah yang menjadikan kami memilih kata CINTA sebagai akronim dari inivasi kami. Budaya kerja merupakan sebuah konsep yang mengatur kepercayaan, proses berpikir, serta perilaku karyawan yang didasarkan pada ideologi dan prinsip suatu organisasi. Budaya kerja mengatur dan menjadi tolok ukur dari tercapainya interaksi yang baik antara semua komponen dalam sebuah organisasi melalui proses komunkasi dan interaksi transpersonal.  

CINTA singkatan dari Cermat, Integritas dan Tanggap. Cermat: sikap hati-hati, teliti, sungguh-sungguh, ikhlas, rajin dan ulet dalam melakukan pekerjaan. Integritas: mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Tanggap: adalah segera mengetahui (keadaan) dan memperhatikan sungguh-sungguh. CINTA merupakan upaya meningkatkan kinerja dan output kerja.

CINTA inovasi budaya kerja yang akan meningkatkan motivasi dan perubahan perilaku kerja kepada seluruh profesional yang ada di Pelayanan Kesehatan. Strategi penerapan inovasi ini berupa slogan dan hashtag dalam bentuk video dan running text yang dapat ditampilkan secara terus menerus di setiap media social dan media elektronik pelayanan Kesehatan di lingkungan kementerian Kesehatan. CINTA akan menjadi budaya kerja yang baru di pelayanan Kesehatan di lingkungan Kementerian Kesehatan. CINTA sebagai tambahan energi baru dari budaya kerja yang pernah di keluarkan oleh Kemenkes. Yaitu 1T, 2K, 3S, 4M, 5R.

Dengan CINTA, maka akan CINTA (cermat, integritas, dan tanggap), menjadi budaya kerja yang baru. CINTA merupakan kata yang mudah diingat dan mudah diterapkan. CINTA akan meningkatkan motivasi kerja. CINTA akan merubah perilaku kerja. CINTA menyempurnakan dam melengkapi budaya kerja yang suda pernah ada. Adanya budaya kerja yang baru dengan slogan dan hashtag kata CINTA mudah diingat dan mudah diakses dalam bentuk video dan running text dan dapat ditampilkan secara terus menerus melalui media social dan media elektronik pelayanan Kesehatan di lingkungan kementerian Kesehatan.

CINTA mudah didapatkan karena dapat di akses di seluruh fasilitas pelayanan Kesehatan melalui media social dan media elektronik pelayanan Kesehatan di lingkungan kementerian Kesehatan. Inovasi ini bersifat terbuka menerima masukan, dan kritikan yang bersifat membangun untuk penyempurnaan inovasi budaya kerja ini. Dalam pelaksanaannya kami akan bekerja sama dengan PKRS, Pelayanan Pelanggan dan SIRS. CINTA dapat diakitkan erat dengan 6 pilar transformasi kesehatan, yaitu: Transformasi layanan primer; Budaya kerja CINTA dalam upaya meningkatkan kualitas layanan seperti bersikap hati-hati, teliti, bermutu, jujur, cepat dalam respon dalam suatu perubahan. Transformasi layanan rujukan; budaya kerja CINTA dapat diterapkan disemua fasilitas pelayanan Kesehatan. Transformasi sistem ketahanan Kesehatan; ketersediaan, akses, kualitas, dan keterjangkauan jaringan media social dan media elektronik. Transformasi sistem pembiayaan Kesehatan; Pelayanan yang efektif, efisien dan tepat sasaran. Transformasi SDM Kesehatan; Memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan potensi SDM yang teliti, sungguh-sungguh, ikhlas, rajin, ulet dan jujur. Transformasi teknologi Kesehatan; Pemanfaatan tehnologi yang tersedia saat ini seperti jaringan internet, media social dan media elektronik.

CINTA memberikan energi bagi setiap pelaksanaan program pelayanan kesehatan. Kemajuan pelayanan dibidang esehatan melalui aplikasi aplikasi modern yang bermunculan, tidak aakan dapat berjalan dengan baik tanpa hadirnya CINTA dalam diri setiap profesioanal kesehatan. Laksanakan setiap kemajuan teknologi dengan penuh CINTA. Cermat, berINtegritas dan Tanggap. Maksudnya adalah cermat dalam mengamati setiap perubahan yang terjadi baik terhadap klien, diri sendiri, dan lingkungan. Integritas, bekerja dengan penuh kesungguhan dan kejujuran, terhadap diri sendiri, klien, teman, keluarga dan lingkungan. Tanggap, berarti kita dapat berespon secara cepat terhadap perubahan kondisi diri sendiri, klien, teman, dan lingkungan kerja serta masyarakat. Hadapi setiap perkembangan teknologi dan aplikasi apapun dengan CINTA.