CERDIK Tangani Tekanan Darah Tinggi Anda

CERDIK Tangani Tekanan Darah Tinggi Anda

Penulis: dr. Jimmy Oi Santoso

 

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami seluruh populasi di dunia. Data di Indonesia menujukkan bahwa 1 dari 4 orang dewasa di Indonesia memiliki hipertensi. Padahal, hipertensi ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Beberapa penyakit yang dapat muncul akibat tekanan darah yang tinggi adalah penyakit jantung, stroke, penyakit pelebaran pembuluh darah besar dan kecil, dan sebagainya. Penyakit-penyakit yang diakibatkan hipertensi ini juga sangat mematikan. Tercatat bahwa penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit pembunuh nomor wahid di Indonesia. Hal ini berarti bahwa 1 dari 4 orang di Indonesia memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke yang tinggi.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi hipertensi? Cara yang paling mudah dan disarankan oleh ahli adalah dengan langkah CERDIK (Cek kesehatan rutin, Enyahkan rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola Stres). Cek kesehatan rutin dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah di puskesmas terdekat secara rutin. Tekanan darah yang normal adalah  Salah satu komponen untuk mencegah hipertensi adalah dengan menghindari rokok. Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko untuk terkena hipertensi hampir 2 kali lipat pada perokok dibanding bukan perokok. Hal ini menunjukkan pentingnya untuk berhenti merokok. Beberapa cara dapat dilakukan untuk berhenti merokok seperti dengan cara berhenti langsung dan dapat secara bertahap yaitu dengan mengurangi jumlah batang yang dihisap per hari sampai berhenti.

Aktivitas fisik yang rutin sangat membantu dalam mencegah hipertensi. Aktivitas fisik yang disarankan untuk dapat mencegah hipertensi adalah dengan melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari selama 5 hari setiap minggu. Aktivitas yang disarankan adalah aktivitas fisik dengan intensitas sedang seperti jalan cepat, bersepeda, berenang, dan mendaki.

Diet seimbang juga tidak kalah penting dalam mencegah timbulnya hipertensi. Gizi seimbang dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan yang beragam dan membatasi konsumsi asupan manis, asin, dan berlemak. Beberapa ahli menyarankan pembatasan konsumsi garam hingga maksimal 2,3 gram per hari atau sekitar 1 sendok teh per hari. Selain hal-hal yang disebut di atas, istirahat yang cukup dan pengelolaan stres akan membantu kita semua untuk terbebas dari hipertensi.

 

Sumber :

http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/cegah-hipertensi-dengan-cerdik

Pelliccia A, et al. 2020 ESC Guidelines on sports cardiology and exercise in patients with cardiovascular disease. Eur Heart J. 2020;42(1):17-96

Cegah Hipertensi dengan CERDIK