Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah

Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah

Penulis: dr. Shandy Stewart Narpati

 

Tahukah anda bahwa jika seluruh pembuluh darah dalam tubuh kita disambung dan dibentangkan memanjang, panjangnya dapat mencapai lebih dari 100.000 kilometer? Bayangkan jarak yang harus ditempuh oleh sel sel darah kita setiap menitnya. Oleh karena itu, apabila sirkulasi darah di dalam tubuh kita kurang baik, maka kebutuhan oksigen dan nutrisi di setiap sel tidak akan tercukupi. Gejala sirkulasi darah yang kurang baik adalah tangan dan kaki yang sering berkeringat meskipun udara tidak panas, kulit yang kering, ujung jari yang kebiruan, rambut mudah rontok, dan untuk para laki-laki, mungkin sulit untuk mempertahankan ereksi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi darah anda.

Hindari asap rokok

Asap rokok telah diketahui dapat merusak pembuluh darah kita. Banyak sekali bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh, seperti contohnya nikotin. Nikotin dapat menyebabkan kerusakan dinding pembuluh darah dan membuat pembuluh darah menjadi keras karena proses peradangan dan aterosklerosis.

Kontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat juga menyebabkan aterosklerosis. Aterosklerosis akan membuat pembuluh darah menyempit, dan mengurangi aliran darah.

 

Cukup minum air

Volume darah yang kurang juga akan menyebabkan sirkulasi terganggu. Pastikan volume darah anda cukup dengan minum cukup air putih secukupnya. Namun, apabila anda menderita penyakit gagal jantung, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter anda mengenai jumlah cairan yang dapat anda konsumsi.

Sering berdiri

Seringkali kita duduk di kursi dengan jangka waktu yang panjang karena terhanyut dalam pekerjaan kita sehari hari. Apalagi pada zaman pandemi, dimana kita sering sekali mendengar sebutan work from home. Akan tetapi, ingatlah untuk sesekali berdiri dan melakukan stretching, agar aliran darah ke ekstrimitas bawah tetap lancar.

Olahraga aerobik

Olahraga aerobik seperti bersepeda, berenang dan berlari akan meningkatkan asupan oksigen dan membuat jantung memompa dengan kuat. Olahraga sebaiknya dilakukan selama 30 menit, sebanyak 5-7 kali per minggu.

Konsumsi sayur sayuran

Mengkonsumsi banyak sayuran sudah terbukti menyehatkan tubuh karena sayur sayuran memiliki kadar lemak yang rendah, dan juga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti zat besi yang merupakan komponen penting dalam pembentukan hemoglobin.