Bulu Tangkis Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Loh!

Bulu Tangkis Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Loh!

 

Penulis : dr. Siska Solina

            Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga kebanggan di Indonesia. Olahraga ini telah memberikan banyak raihan prestasi loh, sobat. Seperti saat artikel ini sedang ditulis, ada 5 wakil dari Indonesia masuk ke perempatan final di Denmark Open 2022 memperebutkan tiket menuju semifinal event internasional bergengsi tersebut. Pasti kita semua bangga dengan olahraga satu ini. Eits, tapi bukan hanya dapat berbangga diri, ternyata bulu tangkis memiliki manfaat besar bagi kesehatan loh, mau tahu? Yuk simak lebih lanjut!

            Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan yang meneliti 7.543 penduduk negara tersebut dengan rentang usia 30 sampai 70 tahun. Dilakukan pembagian jenis olahraga menjadi tiga kelompok yaitu orang yang sama sekali tidak melakukan olahraga, orang yang melakukan olahraga aerobic seperti bersepeda, berenang, dan jogging, serta orang yang melakukan olahraga bulu tangkis sebanyak 3 kali seminggu salama 30 menit setiap sesinya.

            Kemudian dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol baik didalam darah. Didapatkan bahwa kadar kolesterol baik paling tinggi pada orang yang rutin melakukan olahraga bulu tangkis diikuti dengan orang yang melakukan olahraga aerobik. Kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein) merupakan kolesterol yang meregulasi dan mengambil kembali kolesterol-kolesterol jahat dalam aliran darah dan jaringan tubuh serta memiliki efek antioksidan dna efek melindungi pembuluh darah.  Menarik bukan?

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah. Nah, aktivitas fisik sendiri merupakan salah satu faktor besar dalam pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Aktivitas fisik yang dimaksud adalah olahraga.  Dan salah satu jenis olahraga yang telah dibuktikan berperan baik pada kesehatan  seperti pada penelitian yang disebutkan diatas adalah bulu tangkis. Nah salah satu keuntungan untuk jenis olahraga bulu tangkis adalah dilakukan didalam ruangan/ indoor sehingga selama olahraga kita dapat terhindar dari polusi di lingkungan sekitar. Bulu tangkis juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan laju denyut jantung istirahat, serta menurunkan kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah sebesar 59%.

Bagaimana, sobat? Apakah kamu tertarik untuk mencoba bermain bulu tangkis? Sealin memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan, kamu juga bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan rekan lainnya. Tapi jangan lupa tetap laksanakan protocol Kesehatan ya, karena ancaman dari COVID-19 masih ada ya, sobat!

Sumber Artikel:

Nassef Y, Lee KJ, Nfor ON, Tantoh DM, Chou MC, Liaw YP. The Impact of Aerobic Exercise and Badminton on HDL Cholesterol Levels in Taiwanese Adults. Nutrients. 2020 Apr 25;12(5):1204. doi: 10.3390/nu12051204. PMID: 32344797; PMCID: PMC7281968.

Sumber Gambar:
Free copyright from motionarray.