Benarkan Air Perasan Lemon dapat Menurunkan Hipertensi?

Benarkan Air Perasan Lemon dapat Menurunkan Hipertensi?

Penulis:  dr. Syadza Rhizky Putri Akhmad

 

Banyak  pertanyaan dan artikel mengenai air perasan lemon dapat menurunkan hipertensi, dengan berbagai judul dan sumber yang dilampirkan baik dalam bentuk air perasan lemon murni ataupun Infuse Water.

 Namun apakah benar air perasan lemon citrus latifolia  dapat menurukan hipertensi?

Hipertensi merupakan salah satu penyebab meningatnya angka kesakitan dan kematian di dunia angka prevalensi yang semakin meningkat1.  ­Sampai saat ini hipertensi juga dikenal dengan istilah “silent killer”. Hipertensi juga disebutkan dapat dimiliki  oleh 1 dari 3 orang dewasa dari seluruh dunia1.  Oleh karena itu, banyak orang yang mulai memikirkan bagaimana caranya untuk terhindar atau berusaha menurunkan tekanan darah baik menggunakan pengobatan secara kimiawi ataupun herbal. Salah satunya adalah menggunakan air perasan lemon.

Air perasan lemon merupakan salah satu sumber nutrisi yang mengandung sangat banyak vitamin dan mineral yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita diantaranya flavonoid, carotenoid, asam askorbat, citral, limonene, linalool yang memiliki banyak manfaat dalam menurunkan angka inflamasi, stress, dan antioksidan yang mencegan oksidasi LDL dan pembentukan plak  pada dinding arteri 1.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, salah satunya oleh Kato dkk  yang dilakukan kepada 101 wanita di  Jepang pada tahun 2014 dikatakan bahwa menkonsumsi  air perasan lemon tiap hari akan memberikan hasil yang signifikan  terhadap penurunan tekanan darah.  Pada peneltian lain yang dilakukan oleh sayed dkk pada tahun 2020 mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi lemon tiap hari pasien akan merasa lebih nyaman.

Berdasarkan hal tersebut didapatkan bahwa lemon dapat membantu dalam meningkatkan kenyamanan pada pasien hipertensi dan juga dikatanan dapat menurunkan tekanan darah. Walaupun begitu dibutuhkan juga pengobatan yang signifikan pada pasien-pasien dengan hipertensi kronis atau hipertensi yang tidak terkontrol.

Sumber:

1.    Sayed SB, Rahim A, Zahra S, Maryam AM, Erfan G, et al. The Comparison of The Effectof Garlic and Lemon Juice on Blood Pressure and comfort in Hypertensive patients. 2020.  [Cited 2nd aug 2022] Available from: https://www.revhipertension.com/rlh_3_2020/1_the_comparison.pdf

2.    Kato Y, Domoto T, Hiramitsu M, Katagiri T, Sato K, Miyake Y, Aoi S, Ishihara K et al. Effect on blood pressure of daily lemon ingestion and walking. 2014. National Library of medicine: Journal of Nutrition and metabolism.  [Cited 2nd aug 2022]. Available from : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4003767/#:~:text=As%20a%20result%2C%20it%20was,to%20systolic%20blood%20pressure%20%CE%94%25.

      Sumber gambar: halodoc.com