Benarkah buah pisang bermanfaat bagi kesehatan organ jantung? Ini faktanya!

Benarkah buah pisang bermanfaat bagi kesehatan organ jantung?  Ini faktanya!

Penulis: dr. Arief Faisal Rachman

 

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang mudah didapat, murah harganya, dan memiliki banyak manfaat. Selama ini masyarakat benyak yang menganggap bahwa buah pisang memiliki manfaat pada kesehatan organ jantung, namun bagaimana buah pisang dapat menjaga kesehatan organ jantung kita? Seberapa banyak konsumsi buah pisang yang dianjurkan agar bermanfaat bagi kesehatan organ jantung? Serta, apakah dampak jika berlebihan dalam mengonsumsi buah pisang?

Kadar potassium atau yang sering disebut sebagai elektrolit Kalium cukup banyak terkandung dalam buah pisang. Elektrolit Kalium memiliki manfaat pada sistem kerja organ jantung. Seperti yang kita ketahui, organ jantung kita bekerja dengan adanya mekanisme action potential, yakni sistem kerja dengan memanfaatkan berbagai macam elektrolit melalui depolarisasi dan repolarisasi  sel jantung. Elektrolit Kalium akan banyak bekerja pada beberapa mekanisme jantung yakni menjaga sel jantung pada kondisi threshold potential, repolarisasi  sel jantung, dan menjaga durasi mekanisme action potential jantung. Repolarisasi merupakan fase penyiapan jantung untuk masuk kepada tahap diastole, yakni mengembangnya otot jantung untuk pengisian darah ke dalam ruang jantung. Repolarisasi sel jantung akan terjadi pada sel nodal, otot atrium jantung, dan otot ventrikel jantung.  

Kondisi elektrolit Kalium normal pada darah seseorang yakni adalah antara 3.5 sampai dengan 5.0 mmol/L. Pada kondisi kurangnya kadar elektrolit Kalium, atau biasa disebut sebagai hipokalemia, dapat terjadi gangguan irama jantung. Pada kadar elektrolit Kalium kurang dari 2.5 mmol/L, dapat terjadi gangguan seperti: sinus bradikardia (detak jantung kurang dari normal), dan atrioventricular block (pemanjangan waktu penghantaran kelistrikan jantung dari atrium menuju ventrikel).

        Kandungan elektrolit Kalium yang rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti: gangguan penyerapan yang berasal dari pencernaan, gangguan regulator elektrolit yang berasal dari ginjal, dan kurangnya asupan nutrisi elektrolit pada seseorang. Konsumsi elektrolit Kalium yang disarankan salah satunya berasal dari buah pisang. Anjuran konsumsi buah pisang dalam satu hari yakni sejumlah dua buah pisang. Setiap buah pisang dengan berat 126 gram, diperkirakan dapat mencukupi 13% kebutuhan elektrolit dalam sehari.

     Dengan demikian sudah jelas manfaat dari buah pisang terhadap kesehatan organ jantung kita. Mari kita konsumsi buah-buahan untuk menjaga asupan vitamin dan mineral bagi organ tubuh. Sebaiknya buah pisang juga tidak dikonsumsi berlebihan karena buah ini mengandung gula yang dapat menimbulkan pembusukan pada gigi jika tidak disertai higienitas gigi yang baik, serta buah pisang tidak mengandung cukup zat lemak dan protein yang diperlukan tubuh dalam keseharian. Dengan konsumsi buah pisang yang cukup dan tidak berlebihan, kita akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

 

 Daftar Pustaka

 Khan Ehsan, Spiers Christine, Khan Maria. The heart and potassium: A banana republic. Acute Cardiac Care. 2013. 15(1): 17-24

Szalay Jessie, Bryner Jeanna, Dobrijevic Daisy. Bananas: Facts, benefits and nutrition. Livescience. https://www.livescience.com/45005-banana-nutrition-facts.html.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/anamnesis

Sumber gambar: freepik.com