Apakah Kopi Baik bagi Jantung Anda?

Apakah Kopi Baik bagi Jantung Anda?

Penulis: dr. Jimmy Oi Santoso 

Kopi abad ini merupakan salah satu minuman yang wajib dikonsumsi oleh sebagian besar orang di dunia. Hanya dengan segelas kopi, kantuk hilang dan produktivitas akan meningkat berkali-kali lipat. Tidak heran bahwa acapkali kita menemukan bahwa banyak anak muda dan orang tua menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk duduk meminum kopi bersama. Tidak dapat dipungkiri bahwa kopi telah merasuk menjadi salah satu gaya hidup saat ini. Akan tetapi, banyak yang bertanya bagaimana efek kopi terhadap kesehatan? Apakah terdapat efek buruk bagi tubuh?

Untungnya bagi para penikmat kopi, telah banyak penelitian-penelitian yang membuktikan bahwa kopi memiliki efek yang baik bagi tubuh. Kopi terbukti dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan fokus yang sedikit banyak merupakan efek ajaib dari kafein yang terdapat dalam kopi. Dari beberapa studi, kafein terbukti dapat meningkatkan mood, kerja otak, dan performa saat berolahraga. Kopi juga terbukti menurunkan risiko timbulnya penyakit diabetes dan Parkinson. Lalu, bagaimana efek kopi terhadap jantung? Pada sebuah meta-analisis yang dipublikasikan pada tahun 2014, didapatkan bahwa kopi dapat menurukan risiko penyakit jantung sebesar 11-15%. Pada studi yang dipublikasi awal tahun ini juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko timbulnya gagal jantung hingga 14%.

Lalu berapa jumlah kopi yang aman untuk dikkonsumsi? Pada penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan di kongres Jantung terbesar di dunia, ESC congress 2021, diketahui bahwa orang-orang yang rutin meminum kopi sebanyak 0,5-3 gelas per hari memiliki risiko 17% lebih rendah mengalami kematian akibat penyakit jantung sebesar dan 21% lebih rendah untuk terkana stroke dibandingkan mereka yang buka peminum kopi. Para peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa hal ini disebabkan karena pada orang-orang yang mengkonsumsi kopi secara rutin memiliki jantung yang lebih sehat. Oleh karena itu, konsumsi kopi hingga 3 gelas per hari cukup aman bagi tubuh karena konsumsi kopi di atas 3 gelas per hari dapat mempengaruhi kualitas tidur dan dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Beberapa hal tentu perlu diperhatikan dalam mengonsumsi kopi. Semakin banyak gula yang dikonsumsi bersama kopi, keuntungan yang diperoleh dari kopi akan semakin berkurang. Bahkan, apabila Anda terlalu banyak menaruh gula pada kopi, Anda akan membuat diri Anda menjadi lebih berisiko untuk terkena penyakit jantung. Kopi yang saat ini banyak diproduksi di warung kopi mahal seperti frappucino memiliki setidaknya 800 kalori dalam 1 gelas kopi yang pada akhirnya akan menyebabkan pertambahan berat dan berakibat buruk bagi jantung.

Kopi memang memiliki efek baik bagi jantung dan tubuh kita. Akan tetapi, mengkonsumsi kopi dengan “bertanggung jawab” juga sangat penting agar tidak menghilangkan manfaat dari kopi.

 

Sumber :

https://www.escardio.org/The-ESC/Press-Office/Press-releases/Light-to-moderate-coffee-drinking-associated-with-health-benefits