Apa itu Tamponade Jantung?

Apa itu Tamponade Jantung?

Penulis : dr. Rido Maulana

 

Tamponade jantung merupakan suatu keadaan yang diakibatkan oleh adanya akumulasi cairan di dalam rongga pericardium yang meningkatkan tekanan pada rongga tersebut. 

Tekanan pada rongga perikardium tersebut mengakibatkan tekanan pada jantung yang mengakibatkan curah jantung (cardiac output) menurun yang akan mengakibatkan kegawatdaruratan medis.  

Normalnya jantung kita dikeliling oleh dua perikardium, yaitu perikardium parietal dan perikardium viseral. Di antara kedua perikardium tersebut terdapat cairan yang normalnya berjumlah sekitar 20-50 ml yang berfungsi mencegah friksi antara kedua perikardium tersebut.

Peningkatan jumlah cairan di dalam rongga perikardium tersebut secara tiba-tiba akan menimbulkan suatu kegawatdaruratan medis bagi pasien. Hal ini karenakan pada tamponade jantung, rongga perikadium belum cukup compliance atau belum siap untuk menampung cairan dalam jumlah banyak sehingga akan menekan rongga jantung yang akan membuat tekanan rongga jantung akan meningkat.

Tekanan yang meningkat ini membuat venous return berkurang ke dalam rongga jantung sehingga akan terjadi reduced filling pada fase diastolik. Pada akhirnya curah jantung akan berkurang secara tiba-tiba dan mengakibatkan beberapa tanda dan gejala di antaranya adalah peningkatan jugular venous pressure (JVP), tekanan darah rendah (Hipotensi), suara jantung menjauh, dan detak jantung yang cepat (sinus takikardia).

Penyebab dari Tamponade jantung sendiri bisa di karenakan trauma tumpul yang diakibatkan kecelakaan, robekan pada dinding ventrikel kiri akibat post Infark Miokard (MI), dan bisa juga disebabkan oleh perikarditis akut. Pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan adalah menggunakan modalitas Ekokardiografi yang dapat menilai akumulasi cairan pada rongga perikard.

Tatalaksana pada tamponade jantung sendiri adalah untuk mengeluarkan cairan pada rongga perikard yang bertekanan tinggi, hal ini bisa dilakukan dengan metode pericardiocentesis (punksi perikardium), yaitu prosedur yang dilakukan untuk mengeluarkan cairan atau darah dari ruang perikardium dengan menggunakan jarum. Setelah itu, biasanya cairan yang diambil dari rongga perikardium tersebut akan di analisa untuk ditentukan penyebab pasti terjadinya tamponade jantung.

 

Referensi :

[1] Stashko E, Meer JM. Cardiac Tamponade. [Updated 2021 Aug 11]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK431090.