Alpukat, Buah Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Alpukat, Buah Terbaik untuk Kesehatan Jantung

 

Penulis: dr. Shandy Stewart Narpati

 

Satu apel sehari, dokter pun pergi. Pasti kita sering dengar sebutan tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa buah apel memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun sebenarnya ada buah yang lebih baik daripada apel, terutama bagi kesehatan jantung. Sebuah penelitian dari Penn State di Amerika pada tahun 2018 membandingkan kadar kolesterol pada 45 partisipan yang dibagi menjadi kelompok yang tidak mengkonsumsi alpukat dalam diet sehari hari, dan kelompok yang mengkonsumsi alpukat sebanyak 1 buah setiap hari, selama lima minggu. Hasil dari studi tersebut telah membuktikan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ atau Low-density Lipoprotein (LDL) secara signifikan, dibanding dengan orang yang tidak mengkonsumsi alpukat. Alpukat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’ atau High Density Lipoprotein (HDL). Alpukat dapat memberikan efek tersebut karena memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi.

Kolesterol LDL adalah salah satu komponen paling penting dalam pembentukan plak pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Kolesterol LDL yang teroksidasi dapat menumpuk di pembuluh darah dan mempersempit aliran darah. Jika ini terjadi di pembuluh darah jantung, dapat terjadi serangan jantung. Sedangkan HDL dapat melawan efek buruk dari LDL. Perubahan gaya hidup dan pemberian obat-obatan seringkali menargetkan kolesterol LDL ini agar dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar HDL. Selain itu, alpukat juga memiliki kadar karbohidrat yang rendah, dan serat yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes agar gula darah dapat lebih terkontrol. Tidak heran mengapa alpukat dijuluki sebagai salah satu superfood.

Mulailah mengkonsumsi alpukat secara rutin, akan tetapi, jangan mengkonsumsi buah alpukat secara berlebihan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Boston, Amerika Serikat, mengatakan bahwa meskipun komposisi nutrisi alpukat sangat bermanfaat, satu buah alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi, yaitu 322 kalori per buah. Oleh karena itu, disarankan hanya mengkonsumsi satu bua alpukat setiap hari, agar tetap mendapatkan efek positif yang diinginkan.