Category: Tanya Jawab Dokter
Published: Monday, 02 January 2017
Written by Eddieboedha
Heart Attack :

Bagaimana Mencegah dan Menolong Seseorang dengan Serangan Jantung  ?

http://doktor.is/wp-content/uploads/2014/08/4-Things-that-Happen-Before-a-Heart-Attack.jpg

Dr.Isman Firdaus, Sp.JP(K), FIHA, FAPSIC, FESC, FSCAI

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan                

Seiring perubahan gaya hidup dan pola makan, akhir-akhir ini telah terjadi pergeseran jenis penyakit di masyarakat perkotaan termasuk dalam hal ini masyarakat. Kita sering mendengar istilah awam ‘angin duduk’ yang sebenarnya tidak lain dan tidak bukan merupakan istilah untuk serangan jantung atau dalam bahasa medis disebut sebagai sindroma koroner akut (selanjutnya akan disingkat sebagai SKA). Serangan jantung atau ‘angin duduk’ ini ditandai oleh keluhan rasa tidak nyaman di dada yang berlangsung selama lebih dari 20 menit saat istirahat atau saat aktifitas yang disertai gejala keringat dingin atau bahkan kematian mendadak (sudden death).

Read more...

Category: Tanya Jawab Dokter
Published: Tuesday, 06 December 2016
Written by Eddieboedha

https://blog.bukalapak.com/wp-content/uploads/2016/04/olahraga-di-rumah-5.jpg

Prof. Dr. dr. Budhi Setianto, SpJP(K)

Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI Unit Promotif, Preventif, dan Rehabilitasi Jantung di Jakarta 11420

REHABILITASI JANTUNG BERBASIS RUMAH

(Home-based Cardiac Rehabilitation)Ketika ngobrolnya terganggu karena sesak nafas, ngos-ngosan itu pertanda melebihi sasaran rehabilitasi. Berarti intensitas latihan/olahraga perlu dikurangi secukupnya. Pada irama sinus, denyut nadi = denyut jantung. Sesak nafas, berdebar dan sakit dada dianggap setara pada orang tua, wanita dan penderita diabetes. Sebenarnya, melakukan FITT-O saja sudah cukup menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Kata-kata kuncinya adalah niat berperilaku sehat dengan penuh semangat.

Read more...

Category: Tanya Jawab Dokter
Published: Tuesday, 28 June 2016
Written by Eddieboedha

Penggunaan Obat Anti Platelet pada Pasien Penyakit Jantung Koroner

“Tips and Tricks”

 

http://cdnimage.terbitsport.com/_minum%20obat.jpg 

Dr. Isman Firdaus, SpJP(K), FIHA, FAPSIC, FESC, FSCAI

Consultant Cardiologist

Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta

Akhir-akhir ini insiden penyakit jantung makin sering dijumpai di klinik-klinik atau rumah sakit dengan kondisi yang beraneka ragam bahkan hingga kondisi sangat gawat dan mematikan. Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian berupa henti jantung secara mendadak saat penderita penyakit ini berada dirumah, di kantor, saat olah raga, atau bahkan di rumah sakit. Kondisi mematikan ini sulit untuk diprediksi jika penderita penyakit jantung koroner tidak pernah melakukan pemeriksaan kesehatan jantung secara rutin. Pemeriksaan rutin seperti treadmill test merupakan salah satu pemeriksaan penting untuk medeteksi ada tidaknya gangguan aliran darah koroner yang disebabkan proses aterosklerosis pada individu yang tampak sehat dan segar bugar. Treadmill test positif merupakan indikasi medis untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melihat profil pembuluh darah koroner dengan pemeriksaan diagnostik angiografi koroner.

Read more...

Category: Tanya Jawab Dokter
Published: Thursday, 12 May 2016
Written by admin website

APAKAH PACU JANTUNG ITU...?

http://archive.lenterasahabat.org/wp-content/uploads/2014/03/Alat-Pacu-Jantung.jpg

Pacu jantung adalah sebuah alat pacu yang dipasang pada jantung seseorang yang mengalami gangguan pada listrik jantungnya. Alat ini besarnya seperti korek api yang tipis dan dihubungkan dengan serambi jantung dengan sebuah kawat kecil yang umumnya disebut LEAD.

Otak dari pacu jantung itu berupa rangkaian sirkuit yang begitu canggih, mulai dari yang sederhana sampai yang dapat berkomunikasi dengan kita.  Misalnya sesudah alat pacu dipasang pada manusia, kita ingin tahu pacu jantung ini jenis apa, bagaimana kekuatannya, nomornya berapa, dan sebagainya. Dengan suatu alat lain, dapat juga dilakukan interograsi terhadap pacu jantung yang dipasang pada manusia tersebut. Bahkan ada alat pacu jantung yang pintar, yakni ketika manusia tidur pacu jantung ini berdenyutnya pelan sekali sesuai dengan keadaan fisiologi pada waktu tidur, dimana jantung memang sedikit lebih pelan. Dengan demikian pacu jantung itu beterinya dapat lebih diperhemat. Dan dengan sendirinya pula jenis yang dapat dibuat program ini serta mempunyai banyak kemampuan, harganya menjadi jauh lebih mahal.  

Read more...