jadwal dokter

Info Bed

rawat jalan

Category: Uncategorised Published: Monday, 07 August 2017 Written by Eddieboedha

RUJUKAN NASIONAL

Rujukan adalah Pelimpahan wewenang dan tanggung jawab masalah kesehatan masyarakat dan kasus - kasus penyakit yang dilakukan secara timbal balik secara vertikal maupun horizontal meliputi sarana,rujukan teknologi, rujukan tenaga ahli, rujukan operasional, rujukan kasus,rujukan ilmu pengetahuan dan rujukan bahan pemeriksaan laboratorium(PerMenKes 922/2008). Sistem Rujukan pelayanan kesehatan merupakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal. Pelimpahan wewenang dalam sistem rujukan dibagi menjadi:

 

 1. Interval referral 

   Pelimpahan wewenang dan tanggungjawab penderitasepenuhnya kepada dokter konsultan untuk  jangka waktu tertentu , danselama jangka waktu tersebut dokter tsb tidak ikut menanganinya.

 

 2. Collateral referral 

     Menyerahkan wewenang dan  tanggung jawab penanganan penderita hanya untuk satu masalah kedokteran khusus saja

 

3. Cross referra  , menyerahkan wewenang dan tanggungjawab penangananpenderita sepenuhnya kepada dokter lain untuk selamanya

 

4. Split referral , menyerahkan wewenang dan tanggungjawab penangananpenderita sepenuhnya kepada  beberapa dokter konsultan, dan selama jangka waktu pelimpahan wewenang dan tanggung jawab tersebut dokterpemberi rujukan tidak ikut campur.

Hits: 3261