jadwal dokter

Info Bed

Category: berita utama Published: Friday, 06 July 2018 Written by nurhasanah

Executive Brain Assesment  (EBA), Tes Identifikasi Potensi Otak Individu 

Pemeriksaan Executive Brain Assesment  (EBA) yang berlangsung sebanyak tiga gelombang, telah diikuti oleh kurang lebih 400 pegawai RS Jantung  dan Pembuluh Darah Harapan Kita, yang belum berusia 50 tahun. EBA adalah tes identifikasi potensi otak individu yang mendasari kapasitas sumber daya manusia dan kepemimpinan seseorang dalam aktivitasnya di organisasi. Unsur-unsur yang dinilai adalah dominasi otak, modelitas belajar dan gaya berpikir.

 Penilaian EBA bertujuan untuk menggali potensi pegawai secara individu melalui identifikasi kemampuan eksekutif otak yang berkaitan dengan kebutuhan pekerjaan. Hasil penilaian dapat memberikan potret/peta kekuatan SDM  bagi organisasi untuk memberikan dasar yang kuat dalam menyusun dan mengevaluasi langkah-langkah strategis dalam membangun sebuah organisasi. Hasil dari tes EBA dapat dimanfaatkan sebagai : Potensial maping, Fit & Proper test, Development dan Carrier Planning organisasi. Dengan tes EBA ini diharapkan akan terbentuk SDM yang "the right man on the right place”.

dr. Lenny Evanita, MM Kepala Bidang Analisis Perilaku dan Kesehatan Intelegensia, Pusat Analisis dan Determinan Kesehatan (PADK) Kemenkes RI dalam paparannya sebelum tes EBA dimulai, mengatakan bahwa test EBA dirancang untuk dapat menggali potensi SDM dan dalam rangka untuk internalisasi revolusi mental yang telah dicanangkan oleh Presiden. Instrumen EBA ini telah mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual/hak paten dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sampai tahun 2064 menjadi milik Kementerian Kesehatan RI.

Lebih lanjut dijelaskan penilaian fungsi eksekutif otak yang lebih dikenal dengan sebutan EBA (Executive Brain Assessment), telah dikembangkan untuk dapat digunakan dalam pemetaan potensi integritas berbasis fungsi eksekutif otak dapat dimanfaatkan untuk : memperoleh gambaran potensi integritas pegawai dan organisasi,  memperoleh cara efektif upaya penguatan integritas untuk perencanan yang baik dan memperoleh gambaran upaya preventif untuk pencegahan masalah penegakan integritas

Hasil tes EBA ini memberikan gambaran kekuatan sumber daya manusia bagi organisasi dan dari situ akan diambil Agen Perubahan atau Agent of Change (AOC) RSJPDHK.  AOC adalah sebuah istilah yang dijadikan sebagai penyulut motivasi seseorang dalam berbagai forum/organisasi agar mereka menjadi pembawa perubahan positif di berbagai bidang/ aspek kehidupan di masa kini maupun masa depan, dalam skala kecil maupun besar. Dengan membawakan peran tersebut, maka seseorang tidak hanya menjadi penonton dalam perubahan dunia tetapi juga penggerak atau bahkan yang memulai perubahan. Keberadaan AOC ini, diharapkan nantinya memiliki kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi dan SDM aparatur yang professional dapat mencerminkan integritas dan kinerja yang lebih baik.

AOC tidak hanya dapat melakukan perubahan dalam bidang administrasi dan managerial, tetapi menjadi leader bagi dirinya sendiri dan lingkungannya. Sehingga kedepan, kinerja pribadi dan instansi diharapkan dapat menuju kearah yang lebih baikd an profesional. (Nurhasanah)

 

Hits: 119

Paviliun dr.Sukaman

Rawat jalan ( Poliklinik Eksekutif ) dr. Sukaman merupakan etalase pelayanan rumah sakit, sehingga kualitas pelayanan di RS akan sangat mudah dilihat dan dinilai oleh pelanggan. Selama tahun 2013 jumlah pasien yang berobat ke Poliklinik Eksekutif Rawat Jalan dan Rawat Inap mengalami kenaikan Kunjungan dan Pengunjung dari tahun sebelumnya.

One Day Care (ODC)

One Day Care merupakan unit perawatan khusus yang memberikan layanan pada pasien-pasien yang tidak memerlukan rawat inap sehingga sifatnya hanya sementara saja. Pasien yang mendapat layanan disini diberikan berdasarkan permintaan dokter.

Medical Check UP (MCU)

MEDICAL CHECK UP (MCU) Terletak di Instalasi Paviliun Sukaman, MCU dan Deteksi Dini Kardovaskular RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita memberikan pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kardiovaskular. Konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dan pemeriksaan kardiovaskular penunjang lainnya.

ICVCU Dewasa

Sebagai rumah sakit rujukan nasional kardiovaskular, RSJPDHK mempunyai ruang perawatan intensif khusus untuk penyakit kardiovaskular/ medikal. Terdiri dari 18 tempat tidur (lantai 2) dan 12 tempat tidur (lantai 3), ICVCU menawarkan perawatan intensif disegala tingkat severitas. Tata ruang ICVCU lantai 2 dibuat menggunakan sistem single cubical sehingga pengawasan terhadap pasien lebih optimal. Selama tahun 2013 terdapat peningkatan jumlah pasien sebanyak 8% dari tahun sebelumnya. penatalaksanaan pasien gagal jantung (heart failure) menggunakan ECMO dan LVAD. Serta akan ditambah unit hemodialisis di tahun 2014.

Pediatrik OK & Ward

Instalasi Bedah Pediatrik, Penyakit Jantung Bawaan dan Perawatan Intensif Pasca Bedah merupakan unit pelayanan bedah jantung pada anak dan dewasa dengan penyakit jantung bawaan dan di dapat yang terdiri dari Unit Bedah Pediatrik dan Unit ICU Pediatrik yang berlokasi di Gedung Perawatan II lantai 8. Di Unit Bedah Pediatrik beroperasi 2 kamar operasi yang setiap hari menjalankan tindakan operasi sekitar 4-5 kasus dengan kompleksitas kasus yang beragam.

Cath Lab

Pemeriksaan diagnostik invasif dengan teknik kateterisasi jantung yang berada di Lt2 GP 1, sebanyak 5372 pemeriksaan, yang terdiri dari 4728 kasus angiografi koroner, 508 kateterisasi jantung, dan 136 tindakan lainnya. Juga telah dilakukan tindakan intervensi non-bedah terhadap kelainan koroner berupa angioplasti koroner sebanyak 2327 tindakan, valvuloplasty dengan balon 79 tindakan, tindakan non-bedah untuk kelainan kongenital sebanyak 176 tindakan, terutama terdiri dari 45 kasus ASO, 97 kasus ADO/ Nit occluder, 11 kasus BAS dan tindakan lainnya.

WBS

Whistleblowing Systems (WBS) RSJantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Anda melihat atau mengetahui dugaan Tindak Pidana Korupsi yang dilakukan pegawai di lingkungan RSJPDHK. segera laporkan dan adukan sesuai dengan prosedur yang ada.